Product 24 Oct 2023

Asuransi Perjalanan: Apa Itu dan Apa Saja Manfaatnya ENG

Traveling ke berbagai negara di dunia memang menyenangkan, terlebih kalau perjalananmu diproteksi dengan travel insurance atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan asuransi perjalanan. Selain memproteksi perjalanan, kamu pun akan mendapatkan biaya pengobatan apabila sakit selama di perjalanan serta kompensasi untuk kerusakan maupun kehilangan bagasi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan asuransi perjalanan? Cek di sini, yuk!

Pengertian Asuransi Perjalanan

Sesuai namanya, travel insurance atau asuransi perjalanan merupakan salah satu produk asuransi yang akan memberikan perlindungan pada risiko-risiko yang mungkin saja terjadi selama di perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa risikonya seperti kerusakan dan kehilangan bagasi, sakit di perjalanan, keterlambatan maupun pembatalan penerbangan, dan lain sebagainya.

Asuransi ini sangat diperlukan terutama untuk kamu yang suka melakukan traveling. Entah itu mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia maupun wisata di luar negeri. Ataupun, untuk yang suka melakukan perjalanan bisnis ke luar kota maupun luar negeri. Menariknya, asuransi satu ini pun bisa dibeli bersamaan dengan pembelian tiket pesawat.

Jenis Asuransi Perjalanan

Tak hanya satu, produk asuransi perjalanan juga terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Single Trip Insurance, produk asuransi untuk jangka pendek yang ditujukan bagi traveler yang biasanya tidak rutin melakukan perjalanan. Mungkin, hanya beberapa kali saja dalam setahun.
  • Annual Trip Insurance, produk asuransi yang diperuntukkan bagi yang sering melakukan perjalanan. Misalnya, satu minggu sekali, satu bulan sekali, dan lain sebagainya meski tujuannya untuk liburan.
  • Individual Travel Insurance, produk asuransi yang dikhususkan bagi yang suka melakukan perjalanan sendiri atau solo traveling. Biasanya, asuransi ini hanya bisa digunakan untuk satu orang saja dalam sekali perjalanan.
  • Group Travel Insurance, produk asuransi yang umumnya digunakan bagi yang melakukan perjalanan dalam kelompok. Bisa untuk perjalanan dinas maupun yang bepergian bersama keluarga, teman, dan lain-lain.
  • Based on Travel Destination, produk asuransi yang berdasarkan pada tempat tujuan perjalanan. Produk asuransi satu ini terbagi atas dua jenis, yaitu asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan luar negeri. Asuransi perjalanan domestik bisa digunakan untuk wisata di Indonesia. Sementara, asuransi perjalanan luar negeri untuk negara-negara di dunia.
  • Travel Insurance for Hajj, produk asuransi yang umumnya memberikan perlindungan pada calon jamaah yang akan melakukan perjalanan khusus seperti Haji dan Umrah.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika perjalananmu terproteksi oleh asuransi perjalanan, seperti:

  • Ganti rugi keterlambatan & pembatalan penerbangan

Salah satu manfaatnya adalah mendapatkan kompensasi keterlambatan dan pembatalan penerbangan. Sebagai nasabah, kamu berhak mengajukan ganti rugi berupa uang, biaya akomodasi, dan makanan pada pihak asuransi.

  • Ganti rugi kerusakan & kehilangan bagasi

Kerusakan dan kehilangan bagasi ketika melakukan perjalanan liburan memang terkadang membuat kesal. Nah, dengan adanya asuransi perjalanan, kamu akan menerima ganti rugi kerusakan dan kehilangan bagasi dengan nominalnya tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi.

  • Tanggungan biaya pengobatan

Sakit selama di perjalanan? Tenang saja, kalau kamu sudah terproteksi dengan asuransi perjalanan, maka akan mendapatkan tanggungan biaya pengobatan. Jadi, kamu tidak perlu keluar uang lagi jika sakit.

  • Santunan kecelakaan & pemulangan jenazah

Kamu juga akan mendapatkan santunan bila terjadi kecelakaan ketika di perjalanan. Umumnya, pihak asuransi akan memberikan santunan untuk rumah sakit, santunan ganti rugi atas musibah yang terjadi, serta pemulangan jenazah jika meninggal di perjalanan.

Lebih dari itu, kamu pun akan mendapatkan kompensasi apabila kehilangan dokumen, biaya ganti rugi perjalanan apabila berada di situasi darurat, perlindungan tambahan atau rider (apabila perusahaan asuransi memilikinya). Mari, proteksi perjalananmu dengan asuransi perjalanan supaya semakin aman!

Other Article