Waspada Highway Hypnosis Saat Berkendara

Fenomena highway hypnosis menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yang membuat pengemudi memanfaatkan asuransi kendaraan miliknya untuk perbaikan mobil.  Namun, apakah sebenarnya highway hypnosis itu?

Sama halnya dengan hipnosis lainnya, highway hypnosis juga menyebabkan orang yang mengalaminya kehilangan kesadaran akan segala hal yang terjadi di sekitar. Namun highway hypnosis bisa dikatakan lebih berbahaya karena terjadi pada saat kamu sedang mengemudikan kendaraan bermotor.

Seseorang yang mengalami highway hypnosis akan mengalami zone out atau kehilangan fokus selama beberapa saat atau bahkan dalam jangka waktu yang lama. Highway hypnosis juga sering disebut sebagai automatic driving karena pada banyak orang yang mengalaminya, mereka masih mampu berkendara dengan baik dan aman hingga sampai ke tujuan. Hanya saja, ketika sudah sampai mereka tidak memiliki ingatan bagaimana mereka bisa sampai ke tempat tujuan atau apa yang terjadi selama perjalanan.

Dikutip dari situs thoughtco.com, istilah highway hypnosis pertama kali diperkenalkan oleh G.W. Williams pada tahun 1963. Sebelumnya, istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena ini adalah road hypnotism yang diperkenalkan pada tahun 1921. Istilah ini mulai digunakan setelah dilakukan pengamatan oleh para peneliti pada tahun 1920 terhadap perilaku pengemudi yang seolah tertidur dengan mata terbuka (hilang fokus) tetapi mampu mengemudikan kendaraannya secara normal.

Menurut situs ini, fenomena highway hypnosis berbeda dengan kehilangan kesadaran dalam berkendara saat dalam kondisi lelah. Sebab, pengendara masih mampu untuk mengendalikan kendaraannya dan mengambil tindakan yang dibutuhkan secara tidak sadar.

Namun, menurut sumber lain yaitu abcnews.go, highway hypnosis dan kondisi tidak sadar atau hilang fokus akibat kelelahan adalah hal yang sama dan merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Sebab, ketika tubuh lelah maka fungsi otak dalam membaca atau menerima perintah akan melambat. Pada orang yang mengalami highway hypnosis, aktivitas otak juga melambat seperti seseorang yang tidur. Namun, highway hypnosis tidak menyebabkan orang yang mengalaminya tidur, melainkan kehilangan fokus atau kesadaran.

Bagaimana highway hypnosis bisa terjadi dan penyebabnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun yang perlu diingat, highway hypnosis yang terjadi saat berkendara tetaplah berbahaya bagi kamu maupun pengguna jalan lainnya. Untuk mencegah agar kamu tidak mengalami highway hypnosis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

  • Mengonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein (tetapi dalam jumlah wajar)
  • Berhenti sesaat jika menempuh perjalanan panjang terutama jalan dengan suasana monoton (seperti tol)
  • Cukup istirahat sebelum menempuh perjalanan
  • Mengobrol dengan teman seperjalanan

Hampir semua pengendara pasti pernah mengalami highway hypnosis. Namun, jika kamu mengalami hal ini cukup sering, maka ada baiknya jika lebih waspada dan segera konsultasikan kondisi kesehatan pada dokter.