Trik Agar Koper Tetap Aman Saat Penerbangan Internasional

Ketika hendak bepergian ke luar negeri, salah satu ketakutan yang kerap kali menimpa kita adalah keamanan koper ketika disimpan di bagasi pesawat. Tidak ada yang bisa menjamin keamanannya, sebab kehilangan koper merupakan sesuatu yang bisa menimpa siapa saja. Meski sudah menggunakan asuransi perjalanan internasional sebagai proteksi selama di perjalanan, kehilangan koper merupakan sesuatu yang paling tidak ingin kita rasakan. Bukan hanya hilang, koper rusak atau tertukar juga bisa merusak mood kita saat bepergian.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi saat melakukan penerbangan internasional, simak dulu tips dari kami berikut ini.

  1. Pasang gembok. Penting hukumnya untuk memasang gembok tambahan di bagian restleting koper agar tidak mudah dibuka orang. Memang koper saat ini sudah dilengkapi dengan kunci bawaan, akan tetapi menambahkan gembok tentunya akan membuat kopermu lebih aman dan susah dibuka.
  2. Hindari koper yang digunakan banyak orang. Menggunakan koper yang banyak digunakan oleh masyarakat (populer) tentunya membuat kemungkinan koper tertukar semakin besar. Akan tetapi, jika koper yang kamu miliki memang terlanjur banyak digunakan orang, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan sarung koper yang banyak dijual di toko. Pilihlah sarung koper yang mudah dikenali agar bisa segera diidentifikasi.
  3. Tandai dengan pita atau label koper. Selain menggunakan sarung koper, kamu juga bisa memasang pita atau label koper untuk membantu mengidentifikasi. Gantungkan pita atau label koper berisi data pribadimu di bagian pegangan koper sehingga jika kopermu hilang, yang menemukan bisa segera menghubungimu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa segera mengidentifikasi kopermu saat hendak mengambil bagasi.
  4. Biasakan untuk melepaskan airline tag Setelah sampai ke destinasi yang dituju, biasakan untuk segera melepaskan airline tag yang menggantung di kopermu. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kebingungan petugas bandara saat menyortir kopermu. Jika kamu belum melepaskannya, dikhawatirkan petugas pesawat salah menaruh kopermu ke pesawat lain. Bahaya, kan?
  5. Gunakan layanan plastic wrap yang disediakan di bandara. Ketika hendak pulang, biasanya kita akan menyimpan oleh-oleh dari negara yang dikunjungi di dalam koper. Nah, agar tidak ada tangan-tangan jahil yang berniat membongkar koper kita, gunakanlah layanan plastic wrap yang biasa ada di bandara. Layanan ini memungkinkan kamu untuk melindungi koper agar lebih aman. Balutan plastik yang meliliti koper akan membuat siapa pun berpikir dua kali untuk membuka kopermu.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan koper saat penerbangan internasional. Selalu berhati-hati dan selamat mencoba, ya!