Tips Mudah Membersihkan Mobil Setelah Menerjang Hujan!

Membersihkan dan merawat mobil setelah bepergian baik jarak dekat maupun jauh ketika musim hujan memang sudah menjadi keharusan. Sebab, saat musim hujan mobil akan lebih cepat kotor, berlumpur, hingga kusam karena itulah kamu sangat disarankan untuk membersihkannya. Namun demikian, membersihkan mobil yang terkena cipratan air hujan tentu tak boleh sembarangan dan harus ekstra hati-hati.

Untuk itu, coba terapkan beberapa cara terbaik berikut ini, di antaranya adalah:

  1. Jangan mengelap bodi mobil. Pernahkah kamu langsung mengelap bodi mobil setelah terkena basahan air hujan? Jika iya sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, kotoran maupun partikel pasir yang tanpa sengaja menempel bisa merusak bagian permukaan bodi mobilmu. Untuk itu, jangan sampai mengelapnya sekalipun menggunakan lap khusus untuk mobil, ya.
  2. Bilas mobil dengan air bersih. Alih-alih mengelap mobil, alangkah baiknya kamu membilas mobil dengan air bersih setelah menerjang hujan. Membilas seluruh permukaan bodi mobil menggunakan air yang mengalir bisa meluruhkan partikel maupun kotoran yang menempel. Dengan demikian, bodi mobilmu tentu bisa terhindar dari kerusakan.
  3. Keringkan sehabis dibilas. Jika kamu sudah membilas mobil sampai bersih, maka jangan sampai lupa mengeringkannya dengan kain atau lap bertekstur lembut. Pastikan tak ada bekas air yang tertinggal pada bagian bodi mobilmu. Sisa air yang tidak dikeringkan dengan benar bisa menimbulkan bercak noda pada permukaan bodi
  4. Jangan tunda sampai mengering. Membersihkan mobil setelah menerjang hujan sebaiknya dilakukan ketika kamu sampai di rumah dan jangan dibiarkan mengering. Hal ini karena air hujan mengandung garam yang cukup tinggi. Apabila mengenai bodi mobil dan tidak segera dibersihkan tentu bisa meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan dan bisa merusak cat di bodi mobilmu. Bahkan bisa berisiko menyebabkan munculnya karat.

Meskipun terlihat bersih tetapi air hujan dapat merusak mobil ketika dibiarkan, jadi  mulai sekarang cobalah untuk menyempatkan diri membersihkannya sesegera mungkin. Sekalipun kamu memiliki asuransi kendaraan terbaik yang akan menanggung kerusakan pada mobil, akan tetapi jika rusaknya karena disengaja tentu tidak akan mendapat pertanggungan dari pihak asuransi. Semoga bermanfaat!