Tips Mencari Makanan Halal Ketika Berlibur ke Luar Negeri

Salah satu tantangan saat pergi ke luar negeri adalah mencari makanan yang sesuai. Sesuai dengan budget, mapun dengan selera. Nah, khusus para muslim, ada satu syarat tambahan yang perlu diperhatikan ketika mencari makan nih, yaitu apakah makanan tersebut halal atau tidak. Jangan sampai karena tidak bisa membedakannya, kamu justru terjebak dan mengonsumsi makanan yang tidak halal, lho. Cara untuk mencari makanan halal di luar negeri cukup mudah kok, coba terapkan beberapa tips di bawah ini!

  • Cari info sebelum keberangkatan

Supaya lebih mudah menemukan makanan halal di destinasi liburanmu nanti, sebaiknya carilah info soal makanan halal sebelum keberangkatan. Tentunya informasi soal jalan-jalan dan makanan halal cukup mudah didapatkan di era digital seperti sekarang. Kamu bisa membaca berbagai blog traveler, website, atau bertanya kepada teman yang sudah pernah berkunjung ke negara tujuanmu.

  • Kunjungi Islamic Center

Di setiap negara, termasuk negara dengan mayoritas non muslim pun biasanya terdapat Islamic Center. Jika kamu bingung harus mencari makanan halal ke mana, kamu bisa kunjungi Islamic Center terdekat. Karena merupakan pusat komunitas muslim, maka biasanya di sana terdapat food court atau informasi mengenai restoran-restoran halal di sekitar.

  • Kenali istilah bahan makanan non halal

Untuk menghindari makanan yang tidak halal, kamu perlu memahami istilah yang digunakan terhadap bahan-bahan makanan di negara tujuan. Biasanya bahan tidak halal yang digunakan di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim bukan hanya daging babi saja tetapi juga alkohol, dan berbagai bahan lainnya. Misalnya saja di Jepang, makanan yang mengandung babi ditandai dengan tulisan ‘Butaniku’.

  • Cari restoran vegetarian

Tips lain untuk mendapatkan makanan halal di luar negeri adalah dengan mengunjungi restoran vegetarian. Di restoran ini tidak mungkin terdapat daging hewani karena makanannya pasti terbuat dari bahan-bahan seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan bahan halal lainnya. Namun pastikan tidak ada campuran alkohol di dalam makananmu ya!

  • Kunjungi restoran Timur Tengah

Kalau kamu tidak tertarik ke restoran vegetarian, kunjungi saja restoran khas Timur Tengah yang ada di sekitar. Makanan khas Timur Tengah sudah cukup terkenal di berbagai negara dan kemungkinan besar halal. Misalnya saja seperti kebab, nasi kebuli, dan lain-lain.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mencari makanan halal di luar negeri. Buat kamu yang ingin berlibur, jangan lupa untuk memilih asuransi perjalanan Internasional dari MSIG agar perjalananmu makin praktis, aman dan nyaman! Semoga bermanfaat!