Tips Membersihkan Mobil di Masa Pandemi Coronavirus

 

Persebaran SARS-CoV-2 atau yang kini dikenal dengan COVID-19 di Indonesia kian meluas. Hal ini membuat pemerintah—pusat maupun daerah—mulai menerapkan aturan pembatasan aktivitas atau larangan untuk berada di luar rumah. Meski demikian, tidak semua orang bisa benar-benar berdiam di rumah. Pekerja informal seperti tukang ojek, pedagang maupun pekerja layanan seperti dokter, perawat, juga karyawan pelayanan keuangan, misalnya, tetap harus keluar rumah untuk melakukan aktivitas terkait pekerjaan mereka. Atau apakah kamu pun masih harus datang ke kantor untuk bekerja?

Salah satu cara aman yang bisa dilakukan—bila terpaksa harus keluar rumah—ialah dengan mengendarai kendaraan sendiri. Hal ini bertujuan untuk melindungi kamu dari paparan virus atau menekan intensitas interaksi kamu dengan orang lain. Namun, membawa kendaraan seperti mobil juga menimbulkan permasalahan lain, yakni kebersihan mobil itu sendiri. Pasalnya, The New England Journal of Medicine, sebuah lembaga riset, sempat menerbitkan hasil studi mereka yang menunjukkan jika virus ini dapat bertahan hingga belasan sampai puluhan jam di beberapa medium.

Lalu, bagaimana cara membersihkan mobil dalam situasi seperti ini? Simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahuinya.

  • Bersihkan bagian luar secara rutin

Layaknya kedua tangan yang harus terus dicuci dengan sabun usai melakukan sebuah aktivitas atau memegang sesuatu, bagian luar mobil pun harus diberikan disinfektan secara rutin, terkhusus untuk bagian-bagian yang kamu pegang. Pegangan pintu, kaca jendela, juga pintu bagasi adalah titik-titik yang wajib kamu semprot dengan disinfektan sebelum dan sesudah kamu melakukan perjalanan. Meski sudah memiliki asuransi mobil, hal ini penting dilakukan untuk menghindarkan kamu terpapar COVID-19.

  • Bersihkan bagian dalam dengan saksama

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat sudah menyatakan bahwa pembasmi Coronavirus yang paling ampuh adalah cairan pembersih dengan kadar alkohol sebanyak 70%. Direktur Eksekutif produsen interior mobil kenamaan Yanfeng, Jeff Stout, mengatakan kalau hampir seluruh bagian dalam mobil dapat dibersihkan dengan pembersih yang mengandung isopropyl alcohol. Mencuci interior mobil dengan sabun dan air sebetulnya opsi paling baik untuk membunuh COVID-19. Namun, melakukan ini akan memakan waktu yang lama dan juga tak dapat diaplikasikan untuk jok yang berbahan kain. Oleh karena itu, membersihkan titik-titik interior mobil seperti setir, rem, pedal gigi, tombol radio, tombol jendela di pintu, dan tombol pengontrol jok dengan cairan alkohol 70% adalah tindakan preventif yang paling baik.

Nah, begitulah cara membersihkan mobil di masa pandemi coronavirus. Kalau tidak mendesak, upayakan untuk tetap di rumah, ya!