Tips Aman Saat Sendirian di Rumah

 

Berada di rumah sendirian bagi beberapa orang merupakan hal yang biasa. Misalnya untuk anak yang kedua orang tuanya bekerja dari pagi sampai sore, sehingga harus terbiasa sendiri di rumah. Namun, bagi beberapa orang yang tidak terbiasa, hal ini bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Apalagi mengingat tindak kriminalitas yang meningkat dari hari ke hari.

Bagaimana denganmu? Apa kamu termasuk orang yang berani atau takut jika harus sendirian di rumah? Nah, jika kamu termasuk ke dalam kategori orang yang takut, tidak perlu khawatir karena beberapa hal berikut mungkin bisa membantu mengatasi rasa takutmu dan memberi ketenangan saat berada sendirian di rumah, yaitu:

  • Kunci semua pintu

Tentu saja, ini merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan. Begitu kamu sendirian di rumah, segera kunci semua pintu di rumah terutama bagian pagar rumah. Dengan begitu, orang dari luar tidak akan mudah masuk ke dalam rumah dan bisa mengundang kecurigaan jika memaksa masuk. Jika pintu dalam rumah juga dilengkapi pengait atau grendel, maka pastikan pengait terpasang dengan benar.

Jangan lupa, letakkan kunci rumah selalu di dekatmu atau bisa kamu letakkan di dekat pintu. Hal ini sangat penting, karena bahaya bisa juga terjadi dari dalam. Misalnya ketika tiba-tiba terjadi korsleting listrik sehingga muncul percikan api yang membuatmu harus menyelamatkan diri. Jika posisi kunci mudah terjangkau, akan sangat mempermudah kamu untuk segera keluar dari rumah.

  • Nyalakan TV

Banyak orang yang saat ini lebih senang menonton dari ponsel atau laptop. Sebenarnya tidak masalah, tetapi ada baiknya jika kamu memastikan suara dapat terdengar ke luar rumah. Alasannya, agar orang mengetahui bahwa rumah tersebut tidaklah kosong. Sebab orang yang berniat jahat lebih suka mengincar rumah yang kosong daripada berpenghuni, meskipun hanya satu orang. Jika kamu merasa suara TV mengganggu, maka bisa mengoneksikan ponsel atau laptop dengan speaker eksternal sehingga suara yang dihasilkan dapat lebih terdengar.

  • Pastikan ponsel standby

Jangan pernah menjauhkan posel dari tanganmu saat sedang berada sendirian di rumah. Pastikan juga kamu memiliki nomor ponsel orang yang tinggal tidak jauh dari rumah agar bisa meminta pertolongan segera ketika dibutuhkan. Misalnya tetangga yang tinggal di samping atau bahan sebrang rumah.

  • Letakkan kunci mobil di lokasi yang mudah terjangkau (jika ada)

Jika kamu memiliki mobil ataupun motor yang dilengkapi dengan alarm, pastikan kuncinya berada tidak jauh darimu. Tujuannya, ketika kamu mendengar atau melihat ada orang tidak dikenal yang mencoba memaksa masuk, kamu bisa langsung membunyikan alarm. Biasanya, orang yang memaksa masuk ini akan berusaha masuk diam-diam tanpa menarik perhatian. Ketika kamu membunyikan alarm, maka ada kemungkinan orang yang berada tidak jauh dari rumah akan terganggu sehingga datang ke rumahmu. Hal ini bisa mencegah orang tidak dikenal tersebut memaksa masuk dan akhirnya akan pergi.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara di atas, sendirian di rumah sudah bukan lagi masalah, kan? Dan yang paling penting, jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan, ya!