Ternyata Ini Alasan Hadiah Diletakkan di Bawah Pohon Saat Natal

 

We wish you a merry christmas, we wish you a merry christmas, we wish you a merry christmas and happy new year!”. Hore… sebentar lagi Natal tiba. Apa yang paling kamu tunggu ketika hari Natal? Apakah momen berkumpul dengan keluarga? Menikmati makanan spesial Natal? Atau yang lainnya? Apapun itu, pastinya ada satu hal yang akan dinantikan oleh semua orang saat Natal, khususnya anak-anak, yaitu hadiah Natal.

Memang, Natal sangat identik dengan yang namanya hadiah. Bahkan, banyak orang tua yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah cukup besar untuk memberikan hadiah spesial kepada anak tersayangnya di hari spesial tersebut. Biasanya, hadiah tersebut akan diletakkan di bawah pohon Natal yang sudah dihias dengan berbagai ornamen khas Natal.

Namun, pernahkah kamu berpikir mengapa hadiah Natal sering diletakkan di bawah pohon Natal? Apalagi jika kamu sering menyaksikan film spesial Natal, mereka juga melakukan hal yang sama.

Sebenarnya ada beberapa alasan yang mendasari kebiasaan atau tradisi tersebut. Di antaranya:

  • Dulu, hadiah Natal bukanlah berupa barang-barang besar seperti saat ini, melainkan berupa kue atau permen sehingga banyak yang hanya meletakkannya di kaos kaki khusus. Di beberapa negara, kaos kaki ini akan digantung dekat perapian dengan jumlah yang sama dengan penghuni rumah. Namun saat ini hadiah Natal sudah sangat beragam dan meletakkannya di kaos kaki sudah tidak mungkin dilakukan.
  • Meskipun pohon Natal bukan hal yang wajib ada dalam perayaan Natal, kenyataannya keberadaannya dianggap cukup penting dan menjadi salah satu simbol Natal. Meletakkan hadiah Natal di bawahnya akan membuat perayaan Natal menjadi semakin terasa.

Hal lain yang membuat banyak orang senang meletakkan hadiah Natal di bawah pohon karena hadiah ini membuat suasana Natal terlihat semakin meriah. Bahkan terkadang, ada yang meletakkan beberapa kardus kosong tetapi sudah dibungkus rapi untuk membuat suasana meriah tersebut muncul.

Biasanya, para orangtua akan meletakkan hadiah-hadiah Natal ini pada tengah malam setelah anak-anaknya tidur. Pada pagi hari, anak-anak akan terbangun dengan ceria dan penuh rasa penasaran untuk melihat hadiah apa yang disiapkan orang tua untuk mereka. Melihat semua anggota keluarga berkumpul di bawah pohon Natal dan dengan semangat membukan hadiah, dijamin akan menjadi momen bahagia yang tak ternilai harganya.