Tangkahan Sumatera Utara, The Hidden Paradise

Bosan dengan suasana kota yang penuh dengan kendaraan bermotor? Atau kamu ingin menghirup udara segar dan menikmati hijaunya pepohonan? Nah kamu bisa coba untuk berwisata ke Tangkahan yang ada di Sumatera Utara. Tangkahan merupakan sebuah ekowisata yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan karena keindahannya ini banyak yang menyebut Tangkahan sebagai the hidden paradise.

Untuk kamu yang masih bingung apa sih ekowisata itu, berikut ini adalah penjelasan singkatnya. Menurut The International Ecotourism Society, konsep ekowisata adalah perjalanan yang bertanggung jawab ke daerah-daerah alami yang melestarikan lingkungan, menopang kesejahteraan masyarakat setempat, melibatkan interpretasi serta pendidikan lingkungan hidup. Ekowisata ini tidak hanya bermanfaat untuk rekreasi para wisatawan saja, tetapi juga mengajarkan para wisatawan untuk lebih menghargai serta menjaga lingkungan dan alam.

Hal ini juga berlaku saat kamu berwisata ke Tangkahan yang terletak  di Taman Nasional Gunung Leuser ini. Kamu boleh menikmati keindahan alam yang ada di hutan ini, tetapi kamu juga harus menjaganya dengan tidak melakukan apapun yang bisa merusak kelestariannya. Misalnya membuang sampah sembarangan, merusak pohon atau mengganggu fauna yang ada di area ini.

Lalu apa saja kelebihan hutan ini?

Kelebihan pertama jelas pada keindahan alamnya, khususnya untuk kamu yang senang menikmati suasana alam yang masih benar-benar alami, pasti akan betah berlama-lama di sini. Selain itu di sini juga terdapat air terjun dengan air yang sangat jernih. Pasti membuatmu tidak tahan untuk segera berenang di sana. Jika kamu ingin merasakan berendam di air panas alami, kamu juga bisa melakukannya. Kamu bahkan juga bisa menantang nyalimu dengan melakukan arung jeram di Sungai Alas.

Tidak hanya itu saja, untuk kamu yang suka mempelajari flora dan fauna, ini adalah tempat yang sangat tepat untuk kamu kunjungi. Di sini terdapat sebuah bunga langka yang tidak bisa kamu temui secara sembarangan, yaitu Bunga Bangkai atau Raflessia Arnoldi. Kamu juga bisa mengunjungi tempat rehabilitasi satwa langka orangutan pertama di Sumatera. Tempat rehabilitasi ini pertama kali dilakukan oleh WWF dan Frankfurt Zoological Society pada tahun 1973 di Bukit Lawang.

Selain semua yang telah disebutkan di atas ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu memandikan gajah dan kemudian menungganginya untuk berkeliling hutan. Nah, lengkap sekali bukan wisata yang ada di sini? Jadi tunggu apalagi, segera persiapkan Asuransi Perjalanan Murah dan rencanakan waktu untuk berlibur ke sini.