Supaya Aman, Persiapkan Diri Sebelum Wisata Saat Musim Dingin

Musim dingin, meskipun suhunya sangat dingin bahkan bisa mencapai minus, tetapi kenyataannya musim ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia untuk mengunjungi negara 4 musim. Alasannya, karena pada musim ini kamu bisa menikmati salju, sesuatu yang tidak ada di Indonesia. Apalagi gambaran tentang serunya bermain salju yang sering kamu lihat di berbagai acara TV mancanegara, pasti semakin membuatmu ingin merasakannya juga.

Namun, kamu harus waspada jika berencana untuk datang ke negara 4 musim saat musim dingin. Sebab perbedaan suhu yang ekstrem antara negara tersebut dengan Indonesia tidak jarang membuat banyak wisatawan sakit, dari yang ringan hingga parah. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika kamu melakukan berbagai persiapan berikut ini terlebih dahulu:

  • Pakaian

Pakaian merupakan pelindung utama tubuhmu dari dinginnya udara di sekitar. Itulah sebabnya memilih pakaian yang memang didesain khusus untuk musim dingin sangatlah wajib. Misalnya, kamu bisa membeli celanan legging khusus yang memiliki kain penghangat pada bagian dalamnya. Meskipun tetap tipis, tetapi celana ini dapat efektif menjaga kehangatan tubuhmu. Selain itu, jangan lupa gunakan jaket yang cukup tebal juga. Hindari menggunakan celanan jeans khususnya jika tidak dilapisi legging terlebih dahulu karena bahan jeans dapat membuat tubuhmu semakin kedinginan. Memang beberapa pakaian yang kamu persiapkan mungkin tidak bisa lagi digunakan di Indonesia karena suhu di sini yang cenderung hangat. Namun, bukankah lebih baik mengeluarkan modal lebih banyak daripada tidak bisa menikmati liburan karena kedinginan?

  • Aksesoris tubuh

Selain pakaian, kamu juga wajib menggunakan beberapa aksesoris lainnya, antara lain tutup telinga untuk melindungi telingamu, syal untuk melindungi leher, dan penutup hidung untuk melindungi area wajah maupun pernapasanmu dari udara dingin yang menyengat.

  • Lipbalm

Tidak peduli apakah kamu adalah perempuan ataupun laki-laki, lipbalm menjadi benda wajib juga yang harus kamu bawa selama wisata. Sebab suhu udara saat musim dingin akan berisiko membuat bibirmu menjadi kering dan pecah-pecah. Jika kamu mengabaikannya, maka tidak menutup kemungkinan bibirmu akan luka akibat kelembapannya semakin hilang. Dengan mengolesinya menggunakan lipbalm, kelembapan bibir akan terjaga.

  • Sepatu

Pastikan kamu menggunakan sepatu yang cukup tebal sebelum pergi wisata. Apalagi jika kamu berencana untuk berwisata saat salju turun, maka kamu sebaiknya menggunakan sepatu boots yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi kakimu saat bermain di atas salju. Jangan lupa, gunakan juga kaos kaki yang cukup tebal sebelum kamu memakai sepatumu.

  • Obat

Nah, ini juga sangatlah penting sebagai antisipasi jika tubuhmu benar-benar tidak bisa menerima perbedaan suhu ekstrem hingga akhirnya sakit. Dengan mempersiapkan obat terlebih dahulu, kamu bisa segera mengatasi penyakit tersebut sehingga tetap bisa berwisata dengan nyaman.

Selain berbagai persiapan di atas, tentunya kamu juga tidak boleh lupa untuk melengkapi perjalananmu dengan asuransi perjalanan terbaik. Sebab, wisata dalam kondisi biasa saja sudah pasti memiliki risiko, apalagi wisata musim dingin. Dari mulai kemungkinan pesawat delay akibat cuaca yang tidak mendukung, kamu jatuh sakit saat perjalanan karena perbedaan suhu, dan sebagainya. Dengan melindungi perjalanan menggunakan asuransi, maka semua kerugian akibat risiko yang terjadi bisa diminimalkan dan akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi selama memenuhi syarat dan ketentuan.