Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Kecelakaan Diri?

Banyak orang merasa, memiliki asuransi kesehatan saja sudah cukup. Sebab, asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan ketika kamu sakit. Akan tetapi, bagaimana jika kita membutuhkan biaya pengobatan akibat kecelakaan? Apakah asuransi kesehatan bisa menanggung biaya pengobatannya?

Ternyata, tidak semua asuransi kesehatan memberikan pertanggungan untuk biaya pengobatan akibat kecelakaan. Kalaupun ada, fasilitas ini termasuk ke dalam paket tambahan dari asuransi kesehatan. Artinya, jika asuransi yang kamu gunakan hanyalah asuransi kesehatan biasa, maka kamu tidak akan mendapatkan fasilitas ini. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa mendapat pertanggungan finansial saat mengalami kecelakaan? Jawabannya sangat sederhana, yaitu dengan menjadi pemegang polis asuransi kecelakaan diri.

Jika kamu masih merasa bingung dengan kedua produk asuransi ini, berikut adalah penjelasan detail mengenai keduanya:

  • Asuransi kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, produk asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan atas penyakit yang kamu derita. Baik penyakit yang tergolong ringan seperti flu, radang, dan sejenisnya, ataupun penyakit yang tergolong lebih berat dan membutuhkan penanganan khusus seperti infeksi saluran pernapasan. Akan tetapi, asuransi tidak akan menanggung biaya pengobatan untuk penyakit kritis yang membutuhkan biaya cukup tinggi, penyakit yang telah ada (pre existing condition) dan beberapa penyakit tertentu yang tercantum dalam polis. Selain itu, asuransi ini hanya terbatas pada biaya pengobatan akibat penyakit, dan bukan akibat hal lain.

  • Asuransi kecelakaan diri

Asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan yang dialami pemegang polis. Baik kecelakaan kecil yang menyebabkan luka ringan, hingga kecelakaan besar yang menyebabkan cacat atau bahkan meninggal. Ada 3 jenis kecelakaan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi, yaitu:

  1. Kecelakaan kerja
  2. Kecelakaan lalu lintas
  3. Kecelakaan akibat olahraga ekstrim (kecuali scuba diving)

Namun, manfaat yang akan kamu dapatkan tergantung pada jenis polis asuransi kecelakaan yang dimiliki. Perusahaan asuransi MSIG menawarkan paket yang menjamin kecelakaan yang menyebabkkan Death/Disablement dengan Medical Expense.

Bagi kamu yang memiliki tingkat aktivitas di luar rumah tinggi, senang dengan olahraga ekstrem, atau bekerja di bidang yang memiliki risiko tinggi, memiliki asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan sama pentingnya. Namun, jika kamu belum memiliki keduanya, maka kamu bisa mempelajari lebih lanjut manfaat yang diberikan masing-masing asuransi tersebut sehingga dapat memutuskan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.