Serunya Berpetualang dengan Wisata Krakatau

Krakatau, meskipun saat ini gunung tersebut sudah menghilang akibat letusannya sendiri pada bulan Agustus 1883, tetapi nama gunung ini sangat terkenal tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga mancanegara. Sebab, letusan yang terjadi pada masa itu begitu dahsyat hingga berdampak pada berbagai negara, bahkan yang berjarak ribuan kilometer sekalipun. Tidak hanya itu saja, daya ledak dari letusan gunung tersebut diperkirakan 30.000 kali lebih dahsyat dari ledakan bom atom dan dunia sempat gelap selama beberapa hari karena sinar matahari tertutup oleh debu vulkanis. Dahsyatnya letusan gunung tersebutlah yang membuat namanya menjadi sangat terkenal.

Saat ini, Gunung Krakatau memang sudah tidak ada. Namun, di lokasi tersebut muncul sebuah gunung berapi baru yang semakin lama semakin membesar. Gunung ini dinamakan Anak Krakatau karena ukurannya yang terbilang masih kecil. Meskipun Anak Krakatau merupakan gunung merapi aktif, tetapi cukup banyak wisatawan yang tertarik mengikuti wisata Krakatau untuk melakukan pendakian di gunung ini. Apalagi, wisata Krakatau yang ditawarkan oleh tour travel tidak hanya berwisata di gunung ini saja, tetapi juga ke berbagai tempat lainnya.

Syarat utama untuk mengikuti wisata ini adalah kamu tidak boleh mabuk laut ataupun takut ketinggian. Sebab, kamu harus menyebrangi laut dengan transportasi yang telah disediakan oleh pihak panitia. Apalagi ketika menuju kawasan Anak Krakatau dari Pulau Sebesi yang menjadi tempat menginap, kamu harus menempuh perjalanan sejak dini hari saat ombak masih tergolong tinggi, sehingga kamu akan terombang-ambing di lautan. Selain itu, kamu juga harus mendaki gunung yang meskipun masih berukuran kecil sehingga disebut anak, tetap memiliki ketinggian mencapai ratusan meter dan tingginya akan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Sayangnya, karena aktivitas Anak Krakatau yang terbilang cukup aktif, kamu tidak akan diizinkan mendaki sampai ke puncak demi keselamatan wisatawan.

Sebelum kamu bekerja keras melakukan pendakian ke Anak Krakatau ini, kamu akan diajak melakukan wisata air terlebih dahulu di beberapa pulau yang berada disekitarnya. Pemandangan pulau yang indah serta air yang jernih pasti akan membuat kamu merasa nyaman dan rileks. Kamu juga bisa melakukan snorkeling di pulau yang dikunjungi. Namun, demi keamanan selalu perhatikan petunjuk dari tour guide dan jangan lupa lindungi perjalananmu dengan jaminan asuransi perjalanan.

Wisata ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata air dan gunung, serta senang mempelajari berbagai hal terkait peristiwa vulkanik. Sebab, di sini kamu bisa mencari tahu lebih dalam lagi tentang kedahsyatan letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.