Sering Memarkir Mobil di Luar Ruangan? Ini Risikonya

Mobil saat ini bukan lagi barang mewah yang hanya bisa dimiliki oleh orang dengan uang berlebih saja. Sebab, banyak juga yang membeli mobil untuk tujuan memperlancar bisnis ataupun untuk dijadikan sumber penghasilan. Apalagi, saat ini DP dan syarat untuk kredit mobil terbilang cukup praktis. Bahkan, memiliki mobil lebih dari satu di rumah bukan lagi hal yang aneh.

Sayangnya, tidak semua orang yang mempunyai mobil memiliki garasi untuk memarkirkan mobilnya. Akibatnya, parkir di luar rumah menjadi pilihan. Padahal, ternyata hal ini sangat berisiko, loh! Apa sajakah risikonya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Merusak cat

Bagian eksterior atau cat mobil adalah bagian mobil yang paling pertama terkena dampaknya, baik rusak akibat ulah manusia ataupun karena alam. Ketika mobil parkir di luar, risiko cat terbaret karena disengaja maupun tidak akan semakin besar. Sementara untuk faktor alam, cat mobil akan semakin cepat rusak akibat pudar dan jamur. Hal ini terjadi karena perubahan suhu secara drastis yang berlangsung secara cepat.

  1. Memperpendek usia mesin

Perubahan suhu juga mempengaruhi suhu pada bagian bawah kap mesin. Akibatnya, akan mengubah kualitas oli lebih cepat. Selain itu, juga akan mempengaruhi beberapa fungsi komponen lainnya. Misalnya saja seperti AC yang harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan mobil yang di parkir di luar dibandingkan dengan parkir di dalam ruangan.

  1. Hilang (beberapa bagian atau keseluruhan)

Ini adalah risiko yang paling banyak ditakutkan oleh pemilik mobil. Wajar saja, mobil bukanlah aset yang memiliki harga murah sehingga akan sangat terasa sekali jika sampai hilang, meskipun yang hilang hanya salah satu komponen mobiil sekalipun, seperti ban, kaca spion, lampu, dan sebagainya. Itulah sebabnya, mereka berusaha melindungi mobil kesayangannya dengan asuransi mobil.

Jika kamu tidak mau mengalami semua hal di atas, ada baiknya kamu menyiapkan lahan parkir yang dilengkapi dengan penutup terlebih dahulu sebelum membeli mobil. Selain itu, jika kamu sudah membeli mobil dan sedang digunakan bepergian, hindari memakirkan mobilmu di luar ruangan.