Seperti Ini Keseruan Perayaan 17 Agustus di Luar Negeri

Sebentar lagi seluruh rakyat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan negara ini yang ke-73. Seperti biasanya, perayaan hari spesial dan penting ini pasti diadakan dengan menggelar upacara menaikkan bendera Merah Putih di berbagai wilayah. Selain itu, perayaan ini juga biasanya diisi dengan mengadakan berbagai macam lomba, seperti balap karung, bawa kelereng, makan kerupuk, dan sebagainya. Memang terkesan sederhana, tetapi kegiatan tahunan ini tetap saja berkesan dan sebagai bentuk rasa syukur seluruh rakyat Indonesia atas kemerdekaan yang berhasil diraih para pejuang di masa lalu.

Lalu, bagaimana dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri? Apakah mereka juga tetap bisa merasakan kemeriahan perayaan kemerdekaan ini?

Tentu saja bisa, karena KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) yang ada di masing-masing negara akan mengadakan acara khusus untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Beberapa kegiatan yang sering diadakan yaitu:

  • Lomba

Sama seperti di dalam negeri, perayaan kemerdekaan juga diisi dengan berbagai lomba yang diikuti oleh WNI dari berbagai wilayah di negara tersebut. Bahkan terkadang, ada yang rela menempuh perjalanan jauh menuju ke KBRI demi bisa berpartisipasi dalam lomba kemerdekaan ini. Lomba yang diadakan sangatlah beragam, tetapi biasanya adalah lomba tradisional yang juga umum diadakan di Indonesia. Hal yang istimewa dari lomba ini adalah, karena pesertanya tidak hanya WNI saja, tetapi juga dari masyarakat asli negara tersebut. Mereka ikut antusias menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI.

  • Festival Kuliner

Acara yang tidak kalah ramai dan pastinya dinantikan oleh para WNI di negara lain yaitu festival kuliner khas Indonesia. Yap, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan kulinernya sehingga festival kuliner khas Indonesia selalu menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi WNI yang sudah bertahun-tahun di luar negeri, acara ini pasti sangat spesial karena bisa melepas rindu dengan makanan Indonesia favoritnya. Sama halnya dengan lomba, biasanya festival kuliner ini juga dibuka untuk umum sehingga masyarakat lokal juga bisa ikut menikmati berbagai kuliner yang ada.

Selain itu, acara kemerdekaan ini biasanya dijadikan kegiatan berkumpul para WNI yang ada di negara tersebut. Meskipun mereka tidak saling mengenal, tetapi biasanya mereka akan saling berkomunikasi dan berbagi pengalaman saat berkumpul di sini. Jadi, secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk menambah kenalan.

Lalu, apakah kegiatan ini hanya boleh diikuti oleh WNI yang bekerja di sana? Tentu saja tidak. Untuk kamu yang sedang berwisata ke suatu negara tertentu juga boleh kok datang ke KBRI untuk ikut seru-seruan bersama mereka. Jadi, jika kamu merasa penasaran dan ingin merasakan langsung bagaimana keseruannya, kamu bisa langsung merencanakan perjalanan ke negara yang kamu inginkan. Jangan lupa, lindungi perjalananmu dengan asuransi perjalanan luar negeri agar terasa aman dan bebas dari risiko financial yang mungkin terjadi. Dengan begitu, keseruanmu tidak akan terganggu karena risiko tersebut.