Selamat Sampai Tujuan, Ini Tips Mudik yang Aman!

Mudik bisa dibilang merupakan tradisi tahunan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, momen liburan panjang ini biasanya dipergunakan masyarakat – terutama yang tinggal di Ibu Kota – untuk kembali ke kampung halaman dan bertemu sanak saudara. Namun, kepadatan arus mudik tidak bisa dibilang aman dari risiko. Dibalik meriahnya suasana mudik, ada bahaya-bahaya yang mengintai keselamatan para pemudik. Untuk  itu, bagi kamu yang berencana untuk mudik, jangan lupa untuk perhatikan beberapa tips menjaga keamanan berikut ini!

  • Cari transportasi ternyaman

Pertimbangkan jarak yang akan kamu tempuh. Jika jauh, sebaiknya hindari untuk memggunakan kendaraan roda dua, sebab ada banyak risiko yang harus kamu tanggung. Pilih transportasi nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga sesuaikan pilihan transportasi dengan budget yang kamu miliki.

  • Bawa uang tunai secukupnya

Menjelang lebaran, biasanya angka kejahatan meningkat. Tak ada yang tahu kapan kejahatan mengancam. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawalah uang tunai secukupnya saja – tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

  • Berpenampilan sederhana

Jangan sampai mudik menjadi ajang pamer penampilan di kampung halaman. Berpenampilan mencolok dan mewah justru akan membuatmu menjadi sasaran empuk para kriminal di luar sana. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan menggunakan akeseoris mewah dan tetap berpenampilan sederhana saja untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Istirahat cukup

Saat kelelahan, fokus pun akan menurun. Ketika fokus menurun, dikhawatirkan kamu akan lebih rentan terkena bahaya, seperti saat menyetir misalnya. Banyak kecelakaan yang terjadi saat mudik disebabkan oleh kantuk. Untuk mencegah bahaya-bahaya seperti itu, pastikanlah tubuhmu berada dalam kondisi fit dan istirahat cukup. Jika kelelahan saat mengemudi, sebaiknya menepi dan cari tempat istirahat terlebih dahulu.

Jika kamu merasa tips di atas belum cukup, kamu bisa melengkapi perjalanan mudik dengan asuransi mudik yang dapat menanggung kerugian bila terjadi kecelakaan secara tiba-tiba tanpa disengaja. Perlindungan dari asuransi ini meliputi pertanggungan untuk kematian karena kecelakaan, cedera fisik karena kecelakaan, dan biaya medis akibat kecelakaan. Dengan menerapkan tips mudik aman dan memiliki asuransi, kini kamu bisa mudik dengan lebih tenang dan bebas khawatir.