Selain Indonesia, Beberapa Negara Juga Punya Tradisi Saat Bulan Ramadhan

Sebentar lagi, bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim tiba, yaitu Bulan Ramadhan. Bulan ini menjadi bulan yang spesial karena selama Bulan Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan, sebelum akhirnya menyambut hari kemenangan, yaitu Idul Fitri. Tidak hanya itu saja, di bulan penuh berkah ini, biasanya ada tradisi khusus yang tidak akan ditemui di hari lainnya. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara lainnya, seperti:

Ketika waktunya berbuka puasa, maka kamu tidak perlu repot mencari hidangan berbuka jika berada di negara ini. Sebab, masyarakat Turki akan berlomba-lomba untuk mengajak kamu berbuka puasa bersama. Ini adalah salah satu bukti bahwa masyarakat Turki memiliki sifat dermawan yang sangat tinggi. Selain itu, makanan yang disajikannya juga cukup unik. Saat berbuka, ada tiga tahap makanan. Pertama, makanan berat seperti kebab, nasi, aneka olahan roti, dan sebagainya. Tahapan kedua, kamu akan disuguhi makanan dengan cita rasa manis. Dan tahap ketiga, adalah pencuci mulut berupa buah segar.

Masyarakat Amerika memiliki kebiasaan untuk berbuka puasa bersama di masjid. Namun, makanan yang dikonsumsi tidak disediakan oleh masjid, melainkan dibawa sendiri. Makanan yang dibawa tentulah bukan hanya satu porsi, karena makanan ini nantinya akan dihidangkan dan dibagi rata untuk seluruh tamu yang hadir. Tidak hanya itu, tamu yang menikmati hidangan berbuka inipun tidak terbatas pada umat muslim saja, tetapi non-muslim juga boleh ikut serta.

Di negara ini, suasana religius sangat terasa ketika Bulan Suci Ramadhan, khususnya ketika hampir memasuki waktu berbuka puasa. Sebab, kegiatannya akan diisi dengan ceramah, doa dan membaca Al-Qur’an bersama. Begitu pula dengan acara di televisi yang hampir semuanya  bernuansa Islam. Namun, untuk kegiatan Solat Tarawih, hanya laki-laki saja yang boleh solat berjamaah di masjid. Sementara para wanitanya, hanya boleh melaksanakan ibadah ini di rumah.

Di Rusia, masyarakatnya terbiasa untuk buka puasa bersama di masjid dengan menyantap makanan khas yang hampir selalu ada, yaitu khingalsh atau galnash. Khingalsh adalah makanan berupa roti yang diisi keju, sementara galnash adalah roti gandum. Makanan ini umumnya dinikmati bersama dengan minuman hasil fermentasi yang tidak mengandung alkohol, yaitu kvass.

Jika diperhatikan, hampir seluruh tradisi yang terjadi selama Bulan Ramadhan  dilaksanakan pada waktu berbuka puasa. Meskipun terlihat sederhana, tetapi cukup menarik, kan? Jika kamu penasaran dan ingin melihatnya secara langsung, kamu bisa segera mencari tiket promo untuk menuju ke salah satu dari negara di atas. Tidak ada salahnya jika sesekali kamu merasakan suasana lain saat berpuasa. Jangan lupa, lindungi perjalanan mu dengan asuransi perjalanan internasional agar kegiatan liburan kamu terasa aman dan nyaman. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri kamu dengan perbedaan waktu lama puasanya, ya! Sebab, ada beberapa negara yang menjalankan puasa jauh lebih lama per harinya dibandingkan dengan Indonesia. Jadi, cobalah mencari informasi terlebih dahulu mengenai hal ini agar  kamu bisa mempersiapkan diri.