Satonda, Pulau Indah nan Misterius di Sumbawa

Sudah bukan rahasia lagi kalau bagian Timur Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang eksotis, salah satunya adalah Pulau Satonda yang terletak di Desa Nangamiro, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mungkin pulau ini masih terdengar asing di telinga wisatawan lokal. Namun untuk wisatawan mancanegara pulau ini biasanya menjadi tempat persinggahan saat ingin menuju Taman Nasional Komodo dari Bali ataupun Lombok.

Pulau Satonda merupakan daratan yang terbentuk akibat letusan gunung api dari dasar laut berjuta-juta tahun yang lalu. Nah, kira-kira apa sih keistimewaan pulau ini?

  • Pantai Bersih nan Indah

Di sekeliling pulau ini terdapat hamparan pasir pantai putih yang bersih dan indah. Di sana juga terdapat fasilitas snorkeling dan olahraga air lainnya yang memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan biota laut termasuk berbagai jenis terumbu karang yang cantik.

  • Danau Air Asin

Uniknya, di Pulau Satonda terdapat danau dengan kadar asin yang cukup tinggi. Padahal, letaknya berada sekitar 3 kilometer dari laut dan tidak memiliki celah. Meskipun sudah diteliti oleh para pakar, namun belum ditemukan teori yang benar-benar pasti mengenai kadar air asin tersebut.

  • Pohon Harapan

Di tepi Danau Satonda, terdapat pohon keramat yang dijuluki Pohon Kalibuda atau Pohon Harapan. Percaya atau tidak, dengan mengggantungkan bebatuan di ranting pohon, permohonanmu dapat terkabul, lho. Karena banyak batu yang bergantung, pohon ini semakin terlihat unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Di balik keindahan Pulau Satonda ternyata juga tersimpan cerita rakyat yang mengatakan bahwa pulau ini merupakan pulau terkutuk dan tidak boleh ditempati karena dulu merupakan tempat pengasingan Puteri Dae Minga yang diperebutkan oleh banyak kerajaan. Namun terlepas dari legenda tersebut, banyak investor justru berencana untuk membangun vila dan resort. Bagaimana tidak, keindahan alamnya memang berpotensi menarik banyak wisatawan. Bahkan keindahan alamnya membuat Pulau Satonda ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam.

Jika kamu sedang berwisata ke Lombok atau Bali, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pulau Satonda. Jangan lupa persiapkan bekal dan bawaan yang cukup, serta lindungi perjalananmu dengan asuransi perjalanan terbaik. Dengan melengkapi perjalananmu dengan asuransi, kerugian finansial yang mungkin terjadi selama perjalanan akibat kehilangan barang, delay pesawat, atau risiko lain akan dapat diminimalisir. Jadi kamu akan bisa berlibur dengan tenang tanpa khawatir dengan berbagai risiko tersebut.