Punya Keunikan Masing-masing, Ini Dia Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara!

Idul Adha atau yang biasa disebut dengan Lebaran Haji atau Idul Kurban, merupakan hari raya umat muslim yang dirayakan setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah (kalender Hijriah). Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah umat muslim, suasana perayaan Idul Adha sangat terasa di Indonesia. Selain solat berjamaah, tradisi Idul Adha yang biasa dilakukan adalah berkurban yang dilakukan sebagai simbol pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT. Daging kurban ini nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Nah, cukup membahas tradisi Idul Adha di Indonesia, bagaimana jika kita bahas tradisi-tradisi unik dalam perayaan Idul Adha yang dilakukan di berbagai negara? Yuk, simak!

  • India

Masyarakat India juga merayakan Idul Adha dengan solat, ucapan selamat, bahkan memberikan hadiah. Mirip dengan di Indonesia, pada hari raya ini, institusi, toko, dan kantor tidak beroperasi di India. Bedanya, di India, jarang ada yang memilih sapi sebagai hewan kurban. Pasalnya, umat muslim dihimbau untuk tetap menghormati umat Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci. Karena itu, biasanya umat Islam di sana lebih memilih untuk mengorbankan seekor domba atau kambing.

  • Turki

Hari Raya Idul Adha di Turki juga biasa disebut dengan istilah Kurban Bayrami. Layaknya negara lain, masyarakat Turki juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu. Beragam makanan tradisional pun biasa dihidangkan saat Idul Adha, di antaranya adalah Tencere Kavurması yang terbuat daging, Sup Ezogelin, dan lain-lain.

  • Singapura

Di Singapura, suasana Idul Adha terasa sangat meriah. Selain solat ied dan pemotongan hewan kurban, di beberapa tempat seperti Kampong Glam dan Geylang Serai biasanya diadakan bazaar dadakan disertai dekorasi cantik dan meriah yang menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun asing.

  • Cina

Meskipun umat muslim bukan merupakan mayoritas di negeri Cina, suasana Idul Adha tetap terasa, terutama bagi umat muslim yang berada di daerah Urumqi, ibukota Xinjiang. Umat muslim di sana biasa menyambut Idul Adha dengan menikmati makanan seperti pilaf (makanan khas India dan sekitarnya) dan teh susu saat berkumpul dengan sanak saudara.

Itu dia beberapa tradisi unik yang dimiliki oleh berbagai negara saat Idul Adha. Jika ingin merasakan suasana Idul Adha yang berbeda, kamu boleh lho berkunjung ke beberapa negara tersebut dan membaur dengan budaya mereka. Dengan asuransi perjalanan internasional, kamu bebas memilih destinasi wisata di luar negeri!