Persiapan Agar Kondisi Mobil Tetap Prima Selama Perjalanan Jauh

Baik melakukan perjalanan bisnis atau liburan, dibutuhkan persiapan yang maksimal untuk menempuh perjalanan jauh dengan mobil. Namun, persiapan kondisi mobil tak semudah membawanya ke bengkel lalu lepas tangan begitu saja. Kamu pun perlu memeriksa sendiri beberapa komponen pada mobil agar kondisinya tetap prima. Meski sederhana, pengecekan ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan mobil. Lantas apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh? Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Oli mesin

Kondisi oli mesin berperan penting dalam perjalanan panjang karena mesin akan kerja terus-menerus. Periksalah level oli dengan menggunakan dipstick oil. Jika kurang, tambahkan secukupnya. Selain jumlah, kualitasnya pun perlu kamu periksa. Jika oli sudah terasa pekat dan terasa seperti ada butiran di dalamnya, maka sebaiknya ganti oli.

  • Ban

Selama perjalanan jauh, kamu mungkin akan melewati kondisi jalan tidak rata yang buruk untuk kondisi mobil. Karena itu pastikan kondisi ban mobilmu dalam keadaan prima dan memiliki tekanan angin yang tepat. Jika perlu bawalah ban cadangan untuk berjaga-jaga.

  • Kaki-kaki mobil

Selain ban, kaki-kaki mobil juga penting untuk diperhatikan. Ketika kondisi kaki-kaki mobil tidak bagus, pengendara akan sulit untuk menjaga kestabilan mobil. Hal ini tentunya akan memengaruhi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Karena itu, penting juga untuk memeriksa kaki-kaki mobil dan melakukan spooring and balancing sebelum bepergian.

  • Rem

Komponen yang satu ini juga perlu diperhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh. Terlebih lagi jika rute yang dilalui penuh dengan jalan terjal dan berliku-liku. Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa berisiko untuk keselamatan. Oleh sebab itu, periksalah kondisi rem mobil, mulai dari memeriksa selang, minyak rem, dan ketebalan kanvas.

  • Air radiator

Periksa juga jumlah air radiator dan kondisi selangnya. Pastikan tidak ada masalah pada selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan dan mencegah terjadinya overheat pada mesin.

  • Aki

Sebelum berangkat, periksa juga kondisi aki. Periksa terminal aki mobil atau klep penghubung kutub positif dan negatif. Biasanya masalah yang sering terjadi pada bagian ini adalah timbulnya jamur, karat, dan longgar.

Itulah beberapa komponen yang perlu diperiksa untuk melindungi mobil dari kerugian-kerugian yang tidak diinginkan selama perjalanan jauh. Selain memeriksa kondisi mobil, miliki juga asuransi mobil terbaik untuk melindungi mobilmu dari kerugian akibat risiko berkendara. Semoga perjalananmu aman dan nyaman!