Perlukah Mengambil Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan Bermotor?

 

Kendaraan bermotor merupakan aset bergerak yang lebih rawan risiko, baik kehilangan ataupun kerusakan. Kalau berbicara soal pentingnya asuransi kendaraan bermotor, mungkin kamu sudah paham. Akan tetapi, bagaimana dengan perluasan jaminannya? Sebelum membahas pentingnya memperluas jaminan, sebaiknya kita bahas dulu apa saja jaminan dasar yang diberikan oleh asuransi kendaraan bermotor.

Pada Asuransi Kendaraan Bermotor MSIG, kerugian akibat dari rusaknya kendaraan bermotor akan ditanggung jika disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kecelakaan, tabrakan/benturan, perbuatan jahat oleh orang lain, pencurian, kebakaran, dan sambaran petir.
  • Sebab-sebab selama penyeberangan dengan kapal feri.
  • Kerusakan pada roda ketika menyebabkan kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan.
  • Biaya wajar yang dikeluarkan, seperti biaya penderekan karena kecelakaan, maks 0,5% dari jumlah pertanggungan.

Namun demikian, potensi risiko yang dimiliki oleh kendaraan bermotormu lebih banyak dari faktor-faktor yang ditanggung di atas. Bagaimana jika kendaraan bermotormu rusak akibat kerusuhan? Atau bagaimana jika pengemudi dan penumpang cedera atau membutuhkan perawatan kesehatan intensif akibat kecelakaan? Apakah kerugian tersebut juga akan di-cover asuransi? Jika kamu tidak mengambil perluasan jaminan, maka jawabannya adalah tidak (please check extended coveragenya).

Pada dasarnya, kerugian seperti risiko cacat tetap atau kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan tidak akan mendapatkan pertanggungan dari asuransi kendaraan bermotor. Begitu pula dengan kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh kerusuhan, sabotase, dan sejenisnya.

Jadi, jika ditanya apakah penting mengambil perluasan jaminan asuransi kendaraan bermotor, jawabannya adalah penting. Terutama jika wilayah di sekitar tempat tinggalmu berpotensi untuk mengalami kerusuhan sewaktu-waktu. Berikut inilah perluasan jaminan yang diberikan oleh Asuransi Kendaraan Bermotor MSIG:

  • Kecelakaan diri yang dialami penumpang. Menjamin kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan terhadap penumpang kendaraan bermotor.
  • Kecelakaan diri yang dialami pengemudi. Menjamin kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan terhadap pengemudi kendaraan bermotor.
  • Kerusakan/kehilangan kendaraan yang diakibatkan oleh pemogokan, kerusuhan, huru hara, teroris dan sabotase.

Cara memperluas jaminan asuransi kendaraan bermotor tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menghubungi pihak asuransi dan mengajukan perluasan jaminan tambahan. Intinya, memiliki asuransi kendaraan terbaik saja tidaklah cukup, pastikan kamu memperluas jaminannya sesuai dengan kebutuhan.