Perawatan Mobil Penting Memasuki Musim Hujan

 

Merawat mobil agar selalu memiliki performa yang baik adalah hal penting yang harus dilakukan semua pemiliki kendaraan. Bahkan, meskipun mobil sudah dilindungi oleh Asuransi Mobil Terbaik sekalipun, melakukan perawatan mobil tetap penting, khususnya ketika musim hujan tiba.

Yap, perawatan mobil saat musim hujan memang sedikit berbeda dengan perawatan saat musim kemarau, seperti beberapa hal berikut:

  • Mencuci mobil

Sebenarnya mencuci mobil adalah perawatan penting yang harus dilakukan meskipun tidak sedang musim hujan. Namun, saat musim hujan perawatan ini harus lebih diperhatikan, terutama pada mobil yang basah terkena air hujan. Sebab air hujan meskipun terlihat bersih, dapat berisiko merusak cat mobil dan menimbulkan karat. Itulah sebabnya, setelah mobil digunakan berkendara dalam hujan, ada baiknya jika segera dicuci atau setidaknya bilas dengan air bersih dan segera keringkan. Sebisa mungkin, hindari membiarkan air hujan pada body mobil kering dengan sendirinya.

  • Menggunakan karpet

Karpet yang dimaksud bukanlah karpet yang terbuat dari bahan kain melainkan karet. Sebab, karpet yang terbuat dari kain akan sulit untuk dikeringkan saat basah. Padahal saat hujan sangat besar kemungkinan kamu masuk ke dalam mobil dengan kondisi sepatu yang basah. Akibatnya, karpet akan berjamur dan bisa menjadi sarang penyakit. Namun jika kamu menggunakan karpet karet, maka karpet akan lebih mudah untuk dicuci dan dikeringkan.

  • Periksa beberapa komponen

Ada beberapa komponen penting yang perlu lebih diperhatikan pada saat musim hujan, seperti wipper, ban, rem, dan suspensi. Selain itu, periksa juga kondisi mesin secara keseluruhan terutama saat  mobilmu baru saja menerjang genangan air yang cukup tinggi atau berkendara dalam hujan yang sangat lebat. Pastikan bahwa komponen mesin yang tidak boleh basah masih aman sehingga performa mobil akan tetap baik.

  • Parkir dalam ruangan

Jika memungkinkan, hindari memarkirkan mobil di luar ruangan karena air hujan dapat berisiko merusak cat mobil. Selain itu, parkir di luar, khususnya di dekat pohon akan berisiko menjadi korban pohon tumbang ketika hujan disertai dengan angin kencang tiba-tiba datang.

Selain melakukan berbagai perawatan khusus di atas, perawatan umum lainnya juga tidak boleh diabaikan ya, seperti mengganti oli tepat waktu, menggunakan bahan bakar yang sesuai, dan sebagainya. Dengan memperhatikan berbagai perawatan tersebut, maka akan mengurangi risiko kendaraanmu mengalami masalah.