Pengecekan Sederhana pada Mobil yang Wajib Dilakukan Sebelum Mudik

Mudik saat lebaran merupakan tradisi yang pasti dilakukan sebagian besar masyarakat perkotaan setiap tahun karena menjadi momen penting berkumpulnya keluarga. Namun, kondisi perjalanan yang berat bahkan bisa mencapai belasan atau puluhan jam menuntut kamu harus dalam kondisi fit. Tidak hanya kondisi tubuh saja, kondisi mobil juga harus baik dan siap menghadapi perjalanan panjang agar tidak bermasalah di tengah perjalanan.

Sayangnya, pengecekan yang dilakukan biasanya hanyalah pengecekan skala besar, seperti mengganti oli, memeriksa rem, ban, dan komponen besar lainnya. Padahal, ada loh beberapa pengecekan yang meskipun terlihat sederhana tetapi sangat penting untuk dilakukan, antara lain:

  • Wipper

Komponen yang satu ini hampir tidak pernah digunakan ketika cuaca cerah. Itulah sebabnya, banyak yang sering lupa merawat dan melakukan pengecekan. Padahal dengan kondisi cuaca yang sering berubah belakangan ini, wipper harus selalu dalam kondisi prima. Sehingga ketika tiba-tiba hujan turun di tengah perjalanan, wipper dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, dalam kondisi jalan yang sangat berdebu, wipper juga bisa bermanfaat untuk membersihkan kaca dari debu yang menghalangi jarak pandang. Namun jangan lupa, siram terlebih dahulu kaca dengan cairan wipper sebelum menyalakannya agar kaca tidak tergores.

  • Lampu

Memang, kamu pasti mengecek lampu sebelum perjalanan. Namun banyak yang hanya fokus pada apakah lampu menyala atau tidak? Sangat jarang sekali yang memperhatikan apakah setting lampu sudah pas atau tidak? Apakah terlalu tinggi atau justru terlalu rendah? Khususnya bagi kamu yang baru saja mengganti lampu mobil dengan yang baru. Padahal ketika setting pada lampu utama terlalu tinggi, akan sangat membahayakan pengendara yang berlawanan arah denganmu. Sementara jika terlalu rendah, maka akan membuat jarak pandangmu terlalu pendek. Itulah sebabnya, pastikan untuk menyesuaikan tinggi lampu sesuai dengan yang seharusnya.

  • Cairan mobil

Cairan yang ada di mobil tidak hanya oli saja, tetapi ada minyak rem, air radiator, aki, air wipper, dan sebagainya. Memastikan bahwa semua cairan yang ada pada mobil berada dalam kualitas yang baik dan jumlah yang cukup sangatlah penting. Sebab, setiap cairan memiliki fungsinya masing-masing dan bisa menyebabkan timbulnya masalah jika ada satu saja yang tidak sesuai.

  • Ban cadangan

Ini merupakan komponen penting tetapi sering terabaikan karena letaknya yang tersembunyi dan jarang digunakan. Namun, demi keamanan dan kenyamananmu dalam berkendara, ada baiknya jika kamu memastikan bahwa ban cadangan ini berada dalam kondisi yang baik dan bisa digunakan. Sebab kamu tidak tahu kapan ban ini akan diperlukan.

Setelah memastikan kondisi tubuh dan mobil dalam kondisi baik, jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan melalui asuransi mobil. Dengan asuransi tersebut, kamu tidak akan merasa pusing atau bingung mengenai biaya perbaikan mobil seandainya terjadi hal yang tidak diharapkan pada mobilmu. Tidak hanya itu, jika asuransimu dilengkapi perlindungan pihak ketiga, maka kamu juga tidak perlu khawatir mengenai biaya ganti rugi jika tanpa sengaja merusak kendaraan lain dalam perjalanan. Sebab, perusahaan asuransi akan menanggung kerugiannya.

Jadi, siap untuk memulai perjalanan mudikmu?