Panduan Naik Pesawat untuk Pertama Kali

Pengalaman pertama naik pesawat memang menjadi hal yang tak terlupakan. Perasaan tegang, penuh antisipasi, sedikit takut, namun juga senang berpadu menjadi satu. Kita tentunya akan merasakan kebingungan mengenai apa yang harus dilakukan saat berada di bandara sebelum menaiki pesawat. Meski sudah mempersiapkan segalanya, tetap saja rasa cemas tersebut tetap ada. Bagaimana jika penerbangannya delay? Bagaimana jika kita salah masuk pesawat? Bagaimana jika kita tidak diperbolehkan masuk bandara karena satu dan lain hal?

Kecemasan-kecemasan tersebut mungkin akan menghinggapi benak seseorang yang hendak naik pesawat untuk pertama kalinya. Kecemasan yang tidak perlu sebenarnya, sebab jika kita sudah memiliki asuransi perjalanan yang bagus, pihak asuransi akan menjamin kenyamanan kita selama penerbangan dan juga selama liburan. Nah, agar tidak panik saat hendak naik pesawat, coba ikuti panduan naik pesawat berikut ini:

  1. Datang dua jam lebih awal dari jam keberangkatan. Sediakan waktu untuk tiba lebih awal di bandara agar kita tidak terburu-buru untuk mengejar pesawat. Meski jarak antara rumah dan bandara cukup dekat, sebaiknya jangan berangkat dengan spare waktu yang terlalu dekat. Sebab kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di jalanan. Bisa saja jalanan macet atau ada kecelakaan, sehingga perjalanan yang tadinya hanya 30 menit bisa memakan waktu lebih dari 1 jam. Lebih baik tiba lebih awal dibanding terlambat bukan?
  2. Gunakan tas kecil untuk menyimpan tiket, kartu identitas, dan juga paspor. Agar tidak repot membuka tas, simpan semua dokumen yang dibutuhkan dalam satu tas kecil. Kita bisa dengan mudah mengambil dan menyimpannya kapan pun dibutuhkan. Jangan lupa untuk menunjukkan dokumen tersebut kepada petugas pada saat check-in.
  3. Perhatikan informasi dalam boarding pass. Setelah check-in, kita akan diberikan boarding pass berisi nomor informasi pesawat, nomor kursi, dan juga gate Cek dengan seksama karena hal tersebut berkaitan dengan penerbangan kita. Jangan sampai kita salah menunggu di gate yang tidak seharusnya.
  4. Simpan jaket, barang-barang elektronik, dan aksesoris berbahan logam saat masuk gerbang pemeriksaan. Sebelum memasuki gate, kita akan melewati gerbang pemeriksaan yang dilengkapi dengan metal detector. Agar bisa lolos dengan cepat tanpa terhambat, lepaskan jaket yang dikenakan, ikat pinggang, jam tangan, ponsel, dan aksesoris lain dalam bak yang disediakan sebelum melewati metal detector.
  5. Hindari membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan. Setiap bandara punya daftar benda-benda yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat. Sebaiknya, cek dulu apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa dalam situs resmi maskapai penerbangan dan juga situs resmi dari bandara yang bersangkutan.
  6. Simpan koper atau ransel besar di bagasi. Agar tidak repot di dalam pesawat, simpanlah koper dan juga ransel di dalam bagasi. Memang sih, kita diperbolehkan untuk membawa barang bawaan ke dalam kabin jika masih sesuai dengan berat maksimum yang ditetapkan. Akan tetapi, dibanding repot di atas kabin, lebih baik simpan saja di bagasi.
  7. Matikan ponsel saat berada dalam pesawat. Tahan dulu keinginan untuk update di sosial media atau memainkan ponsel saat berada di atas pesawat. Semua penumpang harus mematikan ponsel mereka ketika diminta karena hal tersebut bisa mengganggu sinyal komunikasi pesawat dengan petugas bandara.
  8. Kenakan sabuk pengaman dan ikuti semua peraturan dalam pesawat. Perhatikan demo keselamatan penerbangan yang dilakukan oleh pramugari, kenakan sabuk pengaman dengan baik, dan juga lakukan perintah-perintah yang diminta oleh pramugari selama di atas pesawat.

Itu dia panduan naik pesawat untuk pertama kali. Begitu sampai di bandara tujuan, silakan ikuti petunjuk yang ada, ambil bagasi, dan enjoy your trip!