Panduan Menjelajah dan Borong Belanjaan di Pasar Chatuchak

Selain wisata kuliner, budaya, dan alam, kegiatan wisata yang jadi incaran utama para turis di Bangkok adalah belanja. Maka dari itu, setiap wisatawan yang datang ke Bangkok wajib memasukkan Pasar Chatuchak ke dalam itinerary mereka. Pasar ini menyediakan berbagai jenis barang yang siap untuk diborong. Mulai dari pakaian, kerajinan tangan, keramik, perhiasan, furnitur, barang-barang antik, dan masih banyak lagi. Pokoknya, kalau kamu juga berencana datang ke pasar ini harus siap-siap kalap, deh! Namun, sebelum berburu belanjaan, ada baiknya simak dulu beberapa tips berikut ini agar belanja tetap nyaman dan efektif:

  • Gunakan transportasi publik

Untuk menuju Pasar Chatuchak, sebaiknya gunakan transportasi publik seperti Bangkok Train Sky (BTS) atau MRT. Jika menggunakan BTS, kamu bisa turun di Mo Chit, sedangkan untuk MRT, pemberhentian yang terdekat adalah Chatuchak Park.

  • Datang di waktu yang tepat

Jangan sampai salah, Pasar Chatuchak hanya buka pada saat weekend mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00. Namun, kebanyakan toko baru buka dari pukul 11.00. Jadi, jika ingin berbelanja, sebaiknya tunggu hingga pukul 11.00 saja.

  • Download map di ponsel

Tentunya saat kamu sampai di Pasar Chatuchak, akan ada petunjuk arah atau map. Namun, ada baiknya kamu sudah men-download map lebih dahulu di ponsel. Ada puluhan section di Pasar Chatuchak. Mulai section toko buku, dekorasi rumah, pakaian, lukisan, furnitur, makanan, perlengkapan untuk hewan peliharan, dan lain-lain. Pastikan kamu tahu section mana yang ingin kamu kunjungi.

  • Pastikan membawa cash yang cukup

Sayangnya kebanyakan toko di Pasar Chatuchak tidak menerima pembayaran dengan kartu. Oleh sebab itu, pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup.

  • Tawar menawar

Mungkin harga dari hampir semua barang di Pasar Chatuchak bukanlah best price alias masih bisa ditawar. Jadi, cobalah untuk menawarnya terlebih dahulu. Jika masih belum dapat harga yang sesuai, kamu bisa berjalan pergi dari toko tersebut. Kemungkinan penjual akan berubah pikiran dan memberikan harga yang lebih murah. Namun kalau tidak pun jangan khawatir karena mungkin saja kamu akan menemukan barang yang sama di toko lain.

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memborong barang-barang di Pasar Chatuchak. Pastikan juga kamu dalam keadaan yang fit ya. Sebab, kamu akan membutuhkan banyak energi untuk mengelilingi kawasan perbelanjaan seluas 10 hektar yang memiliki sekitar 15.000 kios ini. Selain mempersiapkan kondisi tubuh, kamu juga perlu asuransi travel murah untuk memproteksi diri dari beberapa risiko yang mungkin terjadi saat belanja di Pasar Chatuchak. Semoga liburanmu menyenangkan!