Panduan Mendaki Gunung untuk Para First Timer

Beberapa waktu belakangan, aktivitas naik gunung memang menjadi sesuatu yang sangat populer. Hanya saja, patut diperhatikan bahwa mendaki gunung bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah. Butuh persiapan berbulan-bulan agar fisik kuat ketika dihadapkan dengan medan gunung yang kadang tak bisa diprediksi. Bagi kalian para first timer yang hendak mencicipi pengalaman naik gunung pertama, yuk cek panduan yang sudah kami siapkan. Jangan lupa siapkan asuransi perjalanan yang bagus yang akan menjadi proteksi untuk kalian selama naik gunung, ya!

  1. Kumpulkan informasi mengenai gunung yang hendak didaki. Ini penting sebab dengan mengumpulkan informasi hingga sedetil-detilnya, kamu bisa membayangkan medan yang akan dihadapi. Kamu juga bisa bertanya pada kerabat yang sudah pernah mendaki gunung tersebut untuk mendapatkan gambaran secara real mengenai kondisi gunungnya. Cek juga bagaimana jalur pendakiannya, apakah cukup curam atau tidak.
  2. Siapkan fisik dengan berolahraga penuh selama sebulan. Untuk kalian yang jarang berolahraga, penting hukumnya nih untuk mempersiapkan fisik dari jauh-jauh hari. Seperti yang sudah disinggung di atas, aktivitas naik gunung bukan sesuatu yang bisa dipandang sebelah mata. Tubuh kita harus dipersiapkan dengan matang agar mampu menghadapi semua medan gunung. Olahraga yang dilakukan cukup sederhana kok yakni jogging atau lari.
  3. Bawa logistik pendakian yang dibutuhkan saja. Selain menyiapkan fisik, kita juga harus menyiapkan logistik. Siapkan barang-barang yang akan dibutuhkan dan buat daftar barang bawaan yang dibawa. Batasi barang bawaan agar tidak overload karena itu akan membuat kamu keberatan saat mendaki. Bagi tugaslah dengan teman mendaki untuk menentukan siapa yang membawa peralatan memasak, tenda, dan lain sebagainya untuk meringankan beban bawaan.
  4. Sleeping bag yang mumpuni. Mengingat udara di gunung sangat dingin, ada baiknya siapkan sleeping bag yang mumpuni dan sudah teruji kualitasnya. Sleeping bag ini akan membuat kalian tetap hangat saat tidur meskipun berada di dalam tenda.
  5. Barang-barang penting yang sering terlupa. Alat navigasi seperti kompas dan juga peta, senter, baterai, obatan-obatan pribadi, tisu, serta kantung plastik merupakan barang penting yang sering kali terlupa saat hendak naik gunung. Nah, agar pendakian bisa berjalan mulus, jangan lupa untuk menyiapkan barang-barang tersebut, ya.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Selamat melakukan pendakian perdanamu!