Pahami 4 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Mobil All Risk

Dilema terbesar saat ingin membeli asuransi mobil adalah memilih antara asuransi mobil Total Loss Only (TLO) atau asuransi mobil All Risk? Tak seperti asuransi mobil TLO yang hanya dapat menanggung ketika mobil mengalami kerusakan parah atau terjadi kehilangan, asuransi mobil All Risk dapat menanggung hampir setiap kerusakan – bahkan mulai dari kerusakan yang sepele.

Meskipun kedengarannya asuransi mobil All Risk lebih menguntungkan, tetapi nasabah harus tetap mempertimbangkan sebelum membelinya. Mengapa? Dengan manfaat yang besar, biaya premi asuransi mobil All Risk tentunya tidak murah. Mengingat mahalnya biaya premi, jangan sampai kamu merasa dirugikan karena telah memilih tipe asuransi mobil ini. Pahamilah asuransi mobil All Risk agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berujung kecewa.

Nah, berikut inilah beberapa hal yang perlu Anda kamu pahami sebelum memilih asuransi mobil All Risk:

  • Budget

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kelemahan asuransi mobil All Risk adalah biaya preminya yang mahal. Premi asuransi mobil All Risk bisa berkisar mulai dari 2,5% hingga 3,5% dari harga kendaraan pertahunnya. Jumlah ini bisa mencapai dua kali lipat dari biaya premi yang harus dibayarkan untuk asuransi mobil TLO. Karena itu, siapkan anggaran dari awal sebelum memutuskan membeli asuransi All Risk. Meskipun mahal, manfaatnya tentu akan sepadan dengan premi yang kamu bayar.

  • Tidak meng-cover semua risiko

Banyak yang berpikir bahwa asuransi All Risk meng-cover risiko apa pun yang terjadi pada mobil. Ternyata, ada beberapa risiko yang biasanya tidak masuk dalam pertanggungan asuransi mobil All Risk. Misalnya seperti perlindungan aksesoris kendaraan. Namun ada juga beberapa perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan untuk ini. Karena itu, jangan lupa untuk memastikan dulu jangkauan perlindungan sebelum membeli.

  • Ketahui biaya own risk (OR)

Perlu diketahui, jika kerusakan mobil diakibatkan oleh kelalaian pribadi, biasanya perusahaan asuransi mewajibkan kamu untuk membayar biaya own risk sejumlah nilai yang ditentukan. Biaya ini juga berlaku untuk asuransi mobil TLO. Misalnya biaya own risk yang ditentukan sejumlah Rp 300 ribu, maka pemegang polis wajib membayar Rp 300 ribu, baru pihak asuransi akan menanggung sisa biaya yang diperlukan untuk perbaikan.

  • Perhatikan pengecualian

Setiap asuransi pasti memiliki beberapa risiko yang tidak menjadi pertanggungan. Misalnya seperti kehilangan atau kerusakan bagian kendaraan yang disebabkan oleh keausan, kerusakan yang dibuat secara sengaja, dan lain-lain. Maka dari itu, ketahuilah dengan baik risiko apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Intinya sebelum memutuskan untuk beli asuransi mobil All Risk, perhatikan dulu syarat dan ketentuan dari pihak asuransi agar tidak menyesal. Jangan ragu untuk bertanya pada agen yang bersangkutan jika ada hal yang belum kamu mengerti. Semoga membantu!