Oymyakon, Kota Terdingin Hingga Membuat Bulu Mata Beku

Jika ditanya di mana daerah terdingin di bumi, jawabannya adalah benua Antartika dan benua ini tidak berpenghuni karena memiliki suhu yang sangat dingin. Namun, bagaimana jika ternyata ada sebuah kota paling dingin yang dihuni sekitar 500 penduduk? Kota ini bernama Oymyakon yang terletak di belahan Timur Rusia, tepatnya di negara bagian Sakha dengan ibukota Yakutia. Oymyakon terkenal sebagai “The Pole of Cold” atau kutub terdingin. Bahkan saking dinginnya suhu di kota tersebut, bulu mata juga bisa membeku!

Bagaimana tidak, Oymyakon memang dikenal sebagai desa terdingin di dunia. Bayangkan saja, suhu di sana bisa mencapai -30 derajat celcius. Bahkan pada tahun 1933, Oymyakon sempat mengalami suhu terendah, yaitu hingga mencapai sekitar -67 derajat celcius, wow! Mungkin fakta ini membuat kamu bertanya-tanya mengapa masih ada orang-orang yang bisa bertahan hidup di kota ini.

Kalau bulu mata saja sampai membeku, bisa dibayangkan, pasti benda-benda lain juga mudah beku. Misalnya saja seperti kacamata, baterai ponsel, bahkan kendaraan. Saat parkir di luar, mesin mobil harus tetap dinyalakan agar tidak susah dihidupkan kembali. Untuk makanan sehari-hari, mereka pun sulit menanam sayur-sayuran dan buah-buahan karena musim panennya hanya sebentar.

Namun, penduduk di sana punya cara sendiri untuk bertahan hidup di Oymyakon. Sebagian besar penduduk Oymyakon adalah Turki Yakut yang merupakan penduduk asli wliayah Timur Laut Siberia. Untuk menyiasati musim panen yang pendek, mereka biasa mengambil buah beri liar dan bergantung pada daging-dagingan. Penduduk Yakutia menganggap makanan dingin seperti ikan mentah, salmon putih, dan hati kuda mentah beku sebagai makanan yang lezat.

Untuk makanan sehari-hari, mereka juga suka mengonsumsi sup daging karena baik untuk kesehatan. Sebab, hidup di area yang sangat dingin dapat membuat kelaparan, sehingga penduduk di sana harus tetap menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi daging-dagingan. Selain mengonsumsi makanan hangat, penduduk di Oymyakon juga menghangatkan diri dengan memakai baju tebal berbahan bulu rusa dan mengonsumsi “Russki chai” yang merupakan sebutan lain untuk vodka.

Meskipun Oymyakon terkenal dengan musim dinginnya yang sampai membuat bulu mata beku, kota ini justru menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh banyak wisatawan. Wilayah Oymyakon dan sekitarnya menyuguhkan berbagai pemandangan indah yang menakjubkan, terutama di musim panas. Apakah kamu berminat untuk merasakan betapa dinginnya Oymyakon? Tentunya akan ada banyak pengalaman menarik yang kamu dapatkan saat berlibur ke sana. Kapan lagi bisa merasakan bulu mata membeku? Namun ingat, lakukanlah persiapan dengan matang, termasuk menyiapkan asuransi perjalanan luar negeri dari MSIG untuk mengurangi kerugian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Be safe and have fun. Cheers!