Northern Mariana Island, Pulau Tersembunyi yang Semakin Terkenal

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pulau indah yang menarik untuk dikunjungi. Namun, jika kamu ingin merasakan pengalaman baru saat berwisata ke pulau, kamu bisa coba untuk mengunjungi Northern Mariana Island atau yang memiliki nama resmi Commonwealth of the Northern Marianas Island (CNMI). Jika kamu mencoba mencari keberadaan CNMI di peta, mungkin kamu tidak akan pernah menemukannya karena banyak peta yang tidak menggambarkannya. Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa mengabaikan begitu saja keindahan rangkaian pulau ini, karena jika kamu sudah berkunjung ke sini pasti kamu akan betah dan ingin mengunjunginya lagi.

CNMI adalah daerah terpencil yang termasuk ke dalam area Amerika Serikat. Terdiri dari 15 pulau di bagian barat laut Samudera Pasifik, di antaranya yaitu Saipan, Rota, Pagan, Tinian, Sarigan, dan masih banyak lagi. Namun, sampai saat ini belum semua pulau bisa terbuka untuk umum. Hanya ada tiga pulau yang paling terkenal di antara para wisatawan, yaitu:

  • Pulau Saipan
  • Pulau Tinian
  • Pulau Rota

Meskipun begitu, jumlah pulau yang bisa dikunjungi terus bertambah. Seperti pulau Pagan yang belum lama dibuka untuk umum. Pulau yang telah dibuka untuk umum ini banyak yang sudah memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya pulau-pulau lain yang dijadikan lokasi wisata. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan masalah fasilitas.

CNMI memiliki keistimewaan pada kekayaan pemandangan alam yang dimilikinya. Sebab rangkaian pulau ini terdiri dari gunung berapi, goa, dan tentunya pantai dengan pemandangan yang luar biasa indah. Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, kamu bisa mencoba olahraga ekstrem seperti panjat tebing di sini.

Untuk berkunjung ke CNMI, ada sebuah visa khusus di luar dari visa US. Namun, ada beberapa situasi khusus yang membuat penduduk dari beberapa negara bisa masuk dan tinggal di pulau ini hingga jangka waktu tertentu. Selain masalah visa, transportasi untuk menuju CNMI juga sangat terbatas. Saat ini hanya ada beberapa penerbangan untuk sampai ke Pulau Saipan melalui negara Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Sementara itu, pengunjung yang berasal dari Amerika Serikat harus melewati Guam atau transit di tiga negara tersebut untuk mencapai CNMI.

Jika kamu tertarik untuk berwisata ke CNMI, maka jangan lupa untuk melindungi perjalananmu dengan asuransi liburan. Sebab kamu harus transit ke tiga negara yang telah di sebutkan, dan tentunya hal ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kerugian finansial akibat kehilangan barang saat transit, atau delay pesawat.

Memang sih, jika dilihat dari perjuangan untuk mencapai CNMI terasa agak ribet. Namun, jika kamu sudah sampai di sana, dijamin semua perjuanganmu akan terasa tidak sia-sia. Selamat berlibur!