Nikmati Keindahan Flora dan Fauna di Taman Nasional Lorentz, Papua

Bukan hanya Raja Ampat, Taman Nasional Lorentz juga merupakan salah satu kebanggaan bagi masyarakat Papua. Bagaimana tidak, taman nasional ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas 2,4 juta ha, mulai dari puncak Gunung Jayawijaya hingga perairan pesisir di Laut Arafuru. Tak hanya luas, Taman Nasional Lorentz juga memiliki ekosistem terlengkap dari keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Taman nasional ini mulai dikembangkan tahun 1997 dan ditetapkan sebagai situs alam warisan dunia sejak 12 Desember 1999 oleh PBB melalui UNESCO.

Taman Nasional Lorentz terletak di dua provinsi, yakni Provinsi Papua dan Papua Barat. Untuk menuju taman nasional ini bisa melalui kota Timika dengan menggunakan penerbangan perintis atau bisa juga menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma. Namun, fasilitas yang ada di Taman Nasional Lorentz belum begitu memadai. Beberapa obyek dan daya tarik di sana juga belum dikembangkan secara optimal. Karena itu, Taman Nasional Lorentz belum banyak dijelajahi oleh wisatawan. Akan tetapi, dibalik fasilitasnya yang terbatas, ekosistem di taman nasional ini justru masih terjaga keutuhan dan kealamiannya.

Keanekaragaman hayati yang unik dan langka bisa ditemukan di sini. Terdapat sekitar 630 jenis burung di Taman Nasional Lorentz, di antaranya yakni, kasuari, megapoda, kakatua, dan cenderawasih. Ada pula beberapa jenis hewan lainnya seperti walabi, kucing hutan, kuskus, dan babi moncong pendek. Taman Nasional Lorentz juga memiliki 34 tipe vegetasi, di antaranya adalah padang rumput, hutan rawa, hutan kerangas, dan hutan sagu.

Kawasan ini juga ditinggali oleh suku asli Papua, di antaranya suku Asmat, suku Nduga, suku Sempan, dan suku Dani Barat. Beragam suku asli Papua ini sudah tinggal di wilayah ini Taman Nasional Lorentz sejak 30 ribu tahun yang lalu. Jadi, selain keanekaragaman hayati, Taman Nasional Lorentz juga memiliki keanekaragaman budaya yang patut dibanggakan. Dan waktu berkunjung terbaik ke Taman Nasional Lorentz adalah bulan Agustus hingga Desember.

Jangan lupa untuk memiliki jaminan asuransi perjalanan sebelum memulai perjalanan ini, untuk meringankan risiko-risiko yang mungkin terjadi pada perjalanan. Nah, jika memang sudah penuh persiapan dan ada kesempatan, kamu bisa langsung mengeksplorasi Taman Nasional Lorentz, taman nasional dengan keanekaragaman flora, fauna dan budaya. Selamat berjelajah!