Negara yang Wajib Dikunjungi Para Pencinta Kopi

Kopi adalah minuman yang sangat mudah sekali ditemukan di mana pun kamu berada. Bahkan, bagi beberapa orang, kopi menjadi minuman yang wajib untuk dikonsumsi setiap harinya. Namun, tahukah kamu bahwa kopi di setiap daerah memiliki keistimewaan masing-masing? Itulah sebabnya, bagi para pencinta kopi, mereka akan mencoba kopi khas dari setiap daerah yang didatanginya.

Nah, jika kamu termasuk pencinta kopi dan sedang merencanakan wisata ke luar negeri, mungkin bisa mengunjungi beberapa negara berikut ini:

  • Vienna, Austria

Di Vienna, kamu bisa menemukan kedai kopi dengan berbagai suasana sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan suasana favoritmu. Selain itu, ada beberapa jenis kopi khas Vienna yang wajib untuk kamu coba, yaitu Kleiner Brauner (kopi hitam dengan sedikit campuran susu), Melange (campuran frothed milk dan steamed coffee), Kaisermelange (kopi hitam dengan campuran kuning telur dan madu), Fiaker (kopi hitam dengan banyak gula, sedikit rum, dan krim pada bagian atas), dan beberapa jenis kopi unik lainnya.

  • Jepang

Jepang terkenal dengan budaya minum tehnya. Padahal selain teh, Jepang juga memiliki kopi yang sangat khas dan wajib untuk dicoba oleh para pencinta kopi. Kelebihan yang dimiliki oleh kopi di Jepang adalah kualitas biji kopi dan juga kemampuan dari bartender atau pembuat minuman ini sehingga rasanya menjadi istimewa. Bahkan kemampuan barista Jepang telah diakui dunia dengan menjadi juara dua World Barista Championship 2016.

  • Vietnam

Kopi di negara ini biasanya disajikan secara tradisional, yaitu dengan filter tradisional. Untuk bisa menikmatinya, kamu harus menunggu hingga seluruh cairan kopi menetes ke dalam cangkir berukuran kecil. Rasa kopinya sangat kuat dan kamu bisa menggunakan susu kental manis jika tidak menyukai rasa kopi hitam. Di beberapa daerah Vietnam, ada juga yang menyajikannya dengan campuran yoghurt atau kuning telur.

Ketiga negara di atas hanyalah beberapa negara yang memiliki kopi dengan rasa unik dan pastinya menarik untuk dicoba oleh para pencinta kopi. Jangan lupa, jika kamu ingin mengunjungi salah satu atau bahkan seluruh negara di atas, kamu harus melindungi perjalanan wisatamu dengan asuransi perjalanan luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa berwisata dengan aman dan nyaman tanpa takut akan kerugian finansial dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Namun, jika kamu belum tertarik untuk pergi jauh-jauh ke luar negeri, kamu juga bisa menikmati kopi dengan rasa luar biasa nikmat yang terkenal hingga mancanegara, yaitu kopi luwak. Yap, kopi yang menjadi kopi termahal di dunia ini adalah kopi khas dari daerah Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Meskipun begitu, kopi ini sudah didistribusikan ke berbagai wilayah lain di Indonesia, jadi di mana pun kamu berada, kamu tetap bisa menikmatinya.