Mudik Aman Dengan Persiapan Yang Tepat

Wah, tidak terasa sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba. Artinya, Anda yang memiliki tradisi mudik harus mulai mempersiapkan diri untuk perjalanan panjang tersebut. Mungkin bagi Anda yang sudah melakukan tradisi ini setiap tahun sudah tahu trik agar kegiatan mudik aman dan menyenangkan. Namun, untuk Anda yang baru pertama kali melakukannya, mungkin masih bingung dengan persiapan apa saja yang perlu dilakukan.

Pada dasarnya, persiapan untuk perjalanan mudik tidak berbeda jauh dengan saat akan menempuh perjalanan jauh. Akan tetapi, karena kondisi perjalanan lebih berat, maka harus lebih diperhatikan. Dan berikut ini, adalah beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman:

  • Cek kondisi mobil

Jalan bebas hambatan atau tol menjadi jalur favorit banyak pemudik mobil saat ini. Alasannya, karena dengan melalui jalan tol akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan mereka. Akan tetapi, di jalur ini Anda akan mengalami kesulitan seandainya tiba-tiba mesin mobil bermasalah, sebab tidak ada bengkel kecuali di beberapa area peristirahatan. Apalagi kondisi perjalanan mudik biasanya akan sangat padat, bahkan kemacetan yang terjadi bisa mencapai hitungan jam. Kondisi mobil yang tidak baik tentunya akan semakin menyulitkan perjalanan Anda. Itulah sebabnya, pastikan mobil Anda dalam kondisi yang baik sebelum memulai perjalanan.

  • Batasi aktivitas berat

Rasa lelah setelah melalui perjalanan mudik yang padat dan macet memang pasti muncul. Hal ini akan semakin parah jika sebelum perjalanan mudik Anda melakukan berbagai aktivitas yang berat. Padahal, kelelahan akan membuat Anda kehilangan konsentrasi saat menyetir sehingga tidak bisa segera bereaksi dengan cepat dan tepat saat terjadi sesuatu di sekitar kita. Maka sempatkanlah beristirahat dengan cukup sebelum Anda melakukan perjalanan mudik.

  • Jaga kesehatan

Selain lelah, kondisi yang tidak sehat juga akan membuat Anda kehilangan konsentrasi saat menyetir. Sebab, selain membuat tubuh Anda merasa tidak nyaman, seseorang yang sakit juga cenderung merasa ngantuk. Menghindar dari sakit mungkin bukan hal yang mudah, tapi Anda bisa menjaga kesehatan dengan menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat, mengatur waktu istirahat, dan melakukan olahraga ringan.

Selain itu, ada satu hal yang juga sebaiknya Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik, yaitu asuransi kecelakaan diri. Mengapa demikian? Sebab, kecelakaan bisa terjadi kapanpun dan jumlah kecelakaan yang terjadi pada saat mudik semakin bertambah dari tahun ke tahun. Memang, tidak ada yang berharap mengalaminya, akan tetapi terkadang kecelakaan bisa terjadi akibat kelalaian pengendara di sekitar Anda. Dengan menjadi pemegang polis asuransi, setidaknya Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan pasca kecelakaan.