Merasakan Serunya Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin

Berbeda dengan berbelanja di pasar pada umumnya, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, masyarakatnya sudah terbiasa untuk berbelanja di pasar yang mengapung di atas sungai atau yang biasa disebut dengan pasar terapung. Pasar terapung yang paling terkenal di Banjarmasin adalah Lok Baintan. Pasar terapung ini bahkan merupakan salah satu ikon kota Banjarmasin. Jika pergi ke Banjarmasin, rasanya belum lengkap jika belum berbelanja di pasar terapung Lok Baintan. Ingin tahu bagaimana serunya berbelanja di pasar terapung ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Akses dan jam operasional

Ada dua cara untuk mencapai pasar terapung Lok Baitan. Bisa dengan menggunakan klotok di sekitar Sungai Martapura atau juga bisa menggunakan jalur darat dengan kendaraan umum atau pribadi. Jika berniat untuk berbelanja, sebaiknya datang dari pagi-pagi sekali. Pasar terapung ini mulai beroperasi sekitar pukul 06.00 WITA hingga pukul 09.00 WITA. Oh iya, jangan lupa untuk membawa uang tunai yang cukup karena akan ada banyak barang-barang dagangan yang akan membuatmu tergiur.

Keseruan berbelanja di pasar terapung

Bisa bayangkan seperti apa serunya berbelanja di atas perahu? Di pasar terapung Lok Baitan, para pembeli bisa berbelanja dari pinggir sungai atau juga dengan menaiki perahu klotok. Sambil menaiki perahu kayu atau jukung, para penjual pun dengan ramah menawarkan dagangannya. Kebanyakan pedagang adalah ibu-ibu atau yang biasa dipanggil acil-acil dalam bahasa Banjar. Sungguh pemandangan yang sulit ditemukan di perkotaan. Para pembeli atau wisatawan pun boleh meminta untuk foto bersama para pedagang dengan menggunakan topi capilnya.

Tersedia beragam dagangan

Terdapat berbagai jenis dagangan yang ditawarkan, mulai dari sayur, buah, ikan asin, hingga beragam kerajinan tangan. Belanjaan yang tidak boleh dilewatkan adalah buah-buahan khas Kalimantan seperti jeruk siam Banjar. Ada juga buah lain seperti buah mentega, mundar, serta kasturi yang memiliki rasa unik dan sulit ditemukan di tempat lain. Ada pula tradisi unik berbelanja di sini, yakni ketika para acil menjual dagangannya, mereka akan mengatakan “dijual ya”, sedangkan para pembeli juga harus menjawab “dibeli ya”.

Bagaimana, unik sekali bukan pengalaman berbelanja di pasar terapung? Ingin merasakannya secara langsung? Langsung saja pilih asuransi liburan terbaik dari MSIG, lalu rencanakan liburanmu ke Banjarmasin. Dijamin pengalaman berbelanja di pasar terapung di Lok Baintan tidak akan terlupakan.