Menyambangi Danau Toba, Danau Legenda yang Penuh Pesona

Pernah membayangkan seperti apa pemandangan danau yang sangat luas? Saking luasnya, danau tersebut sampai mirip seperti lautan. Kamu tentu penasaran dan ingin menyaksikan keindahan danau tersebut secara langsung. Tidak jauh kok, danau yang sangat luas tersebut bisa kamu saksikan di Sumatera Utara. Ya, Danau Toba tepatnya!

Danau Toba telah lama menjadi kebanggaan Pulau Sumatera. Danau ini merupakan danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi, dan merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Bahkan Danau Toba menempati peringkat kedua sebagai danau terbesar di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga merupakan danau terdalam di dunia, yang kedalamannya kira-kira mencapai 450 meter. Saking luasnya, Danau Toba ini mengelilingi tujuh kabupaten berbeda, yakni: Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Karo dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Para ahli meneliti dan meperkirakan Danau Toba terbentuk akibat letusan Gunung Toba, gunung berapi super vulkanik, yang terjadi sekitar 77.000 tahun yang lalu. Letusan ini berpengaruh pada cuaca bumi dan menimbulkan danau berkawah.

Bagi masyarakat sekitar, Danau Toba memiliki sejarah atau legenda sebagai tempat tinggal Namborru yang berarti tujuh dewi nenek moyang suku Batak. Jadi, jika ingin melakukan upacara di sekitar danau, maka suku Batak harus meminta izin Namborru terlebih dahulu.

Untuk menikmati keindahan Danau Toba, kamu bisa menginap di Pulau Samosir, pulau unik yang terletak di tengah Danau Toba. Keindahan alam Pulau Samosir juga masih terjaga karena masih belum terjamah oleh banyak wisatawan. Mendekati danau, kamu bisa melihat pemandangan hijau sejuk berupa hutan-hutan pinus yang asri. Terdapat juga air terjun dan pemandian air belerang yang bisa kamu kunjungi untuk meremajakan diri dan relaksasi. Di Pulau Samosir kamu juga bisa melihat nuansa budaya yang masih kental. Wah, ada banyak kegiatan wisata menarik yang bisa kamu lakukan, ya! Pulau Samosir bisa dijangkau dengan menggunakan kapal feri dari Parapat.

Selain Pulau Samosir, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Toba di pulau lain yang ada di sekitarnya, lho. Jangan khawatir, wisata Danau Toba kini semakin berkembang sehingga mulai banyak penginapan dan fasiltas wisata lainnya. Kalau begitu, tentu tidak ada alasan untuk menunda liburan ke danau legendaris ini, bukan? Segera siapkan asuransi perjalanan yang bagus dan packing barang bawaan untuk berwisata ke Danau Toba!