Menyaksikan Keindahan Cappadocia dari Balon Udara

Jika naik balon udara merupakan salah satu hal yang terdaftar dalam bucket list-mu, maka kamu wajib berlibur ke Turki. Di sana terdapat sebuah tempat wisata balon udara yang menakjubkan, tepatnya di Cappadocia, Anatolia Timur, yang berjarak 730 km dari Istanbul.

Wisata ini merupakan daya tarik Cappadocia yang paling populer di mata wisatawan. Bagaimana tidak, kesempatan untuk menikmati pemandangan kota batu dari balon udara belum tentu datang dua kali. Untuk naik balon udara di Cappadocia, kamu harus datang pada waktu yang tepat karena jika cuaca berangin kencang dan turun salju, balon udara tidak bisa diterbangkan. Karena itu, sebaiknya kamu berlibur ke sana pada musim panas.

Tersedia puluhan operator balon udara dengan kapasitas penumpang yang berbeda-beda. Ada yang 30, 20, atau bahkan privat yang hanya berisi satu atau dua orang. Tentunya semakin sedikit penumpangnya, harganya pun akan semakin mahal. Range harga untuk naik balon udara berkapasitas 20 orang, yaitu sekitar satu sampai dua juta-an rupiah.

Mungkin bagi kamu yang phobia ketinggian akan merasa takut membayangkan naik balon udara ini. Akan tetapi, rasa takut itu pasti akan terhapus setelah melihat indahnya pemandangan Cappadocia dari atas. Selain kondsi geografis berupa bebatuan yang sangat cantik, dari atas kamu akan disajikan keindahan kota Goreme. Terlihat lembah ngarai, pepohonan, kebun-kebun anggur, beserta landmark terkenal seperti Goreme Open Air Museum, Monk Valley, dan Love Valley.

Melalui balon udara ini, kamu akan melihat berbagai keunikan struktur geografis yang membuatmu seperti berada di dunia lain. Wilayah Cappadocia memiliki topografi berupa batu-batu besar yang terbentuk akibat hasil erosi jutaan tahun lalu. Rumah penduduk lokalnya pun terbuat dari bebatuan seperti gua dengan atap yang menyerupai cerobong asap. Karena itu, Cappadocia juga terkenal dengan julukan “Land of Fairy Chimney”. Sebab jika dilihat dari atas, wilayah ini memang terlihat seperti kumpulan cerobong kecil layaknya tempat tinggal para peri. Ditambah dengan balon udara berwarna-warni di langit, tempat ini semakin terlihat magical.

Jika kamu masih merasa ragu atau takut dengan berbagai risiko yang mungkin terjadi saat melakukan wisata ini, kamu bisa mendaftar asuransi perjalanan internasional terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Turki. Asuransi ini akan memberikan pertanggungan finansial dan pengobatan jika terjadi risiko selama dalam perjalanan. Jadi, kamu bisa tenang saat berwisata dan menguji nyali dengan naik balon udara ini. Selamat berlibur!