Mengintip Keindahan Arsitektur Istana Alhambra Spanyol

Istana Alhambra merupakan warisan berharga peninggalan abad pertengahan yang terletak di kota Andalusia, Granada, Spanyol. Alhambra diambil dari kata hamra’ dalam bahasa Arab yang berarti merah. Pasalnya istana ini dibangun dari bata, ubin, keramik, dan hiasan dinding yang agak kemerah-merahan.

Pembangunan istana ini dilakukan secara bertahap oleh Dinasti Nasrid, kerajaan Islam terakhir yang berjaya di Spanyol, pada tahun 1232-1492. Namun setelah itu, kekuasaan istana ini diambil alih oleh penguasa Kristen, Kaisar Carlos V. Nilai sejarah yang berharga ini menjadikan Istana Alhambra sebagai monumen paling menarik di Spanyol bagi para turis.

Latar belakang sejarah membuat bagian tertentu di Istana Alhambra dipengaruhi dengan arsitektur agama Kristen. Percampuran dari kebudayaan yang berbeda inilah yang membuat arsitektur Istana Alhambra semakin unik. Struktur paling terkenal Alhambra terdapat pada tiga istana kerajaan asli, yakni The Comares Palace, Palace of The Lions, dan The Partal Palace.

  • The Comares Palace

The Comares Palace dihiasi dengan dinding plesteran dengan motif ukiran berwarna cerah. Di luar istana ini terdapat lorong berliku yang mengelilingi kolam renang dan halaman besar yang disebut sebagai Court of the Myrtles. Selain itu, di istana ini terdapat the Comares Tower yang berisi sebuah aula megah yang dihiasi dengan berbagai seni arsitektur menakjubkan seperti pola geometris yang rumit dan kaligrafi.

  • Palace of The Lions

Bagian dari istana ini juga disebut dengan nama Hausyus Sibb atau taman singa. Taman ini berada tepat di sebelah the Comares Palace dan memiliki arsitektur yang juga begitu mempesona. Terdapat kolam air mancur yang dikelilingi oleh 12 patung singa mewah yang terbuat dari marmer. Ditambah lagi, air mancur ini dikelilingi oleh teras tertutup yang dihiasi dengan ukiran dan ditopang oleh 128 pilar marmer. Megah sekali, bukan?

  • The Partal Palace

Kemudian, ada The Partal Palace atau Palacio de Partal merupakan salah satu struktur bangunan istana yang paling tua. Bangunan ini berbentuk serambi dengan lima buah pintu melengkung. Di depannya, terdapat kolam yang begitu luas dan indah.

Selain tiga bagian istana di atas, istana Alhambra masih memiliki banyak sudut megah lainnya seperti tempat pemandian umum, tempat beribadah, dan ruang pengadilan yang didominasi oleh seni arsitektur khas abad pertengahan. Sedangkan di luar istana, terdapat taman bunga yang indah bermekaran yang dilengkapi dengan air mancur dan kolam. Begitu indah, sampai-sampai istana ini tampak seperti surga dunia.

Pesona Istana Alhambra ini paling tidak harus kamu saksikan sekali seumur hidup. Jika ada kesempatan, pesanlah tiket masuk istana lebih awal karena tiketnya selalu cepat habis terjual. Jangan lupa persiapkan juga asuransi perjalanan luar negeri yang bisa diandalkan untuk menemanimu menjelajahi keindahan kota Andalusia. Have a nice trip!