Mengintip Eksotisnya Camoi Aek Biru di Bangka

Sudah pernah nonton film Laskar Pelangi? Yup, film yang sempat naik daun ini memiliki setting di Pulau Bangka sehingga pariwisata di pulau ini pun ikut terkenal. Pulau Bangka memiliki kekayaan alam dan hasil bumi yang sangat menguntungkan, salah satunya adalah timah. Hanya saja dibalik keuntungannya, tambang timah ini menyisakan kolong-kolong yang berbahaya bagi manusia. Kolong-kolong ini digenangi oleh air yang dapat dipastikan mengandung logam berat. Meskipun berbahaya, pemandangan yang dihasilkan dari bekas pertambangan timah ini sangatlah indah. Salah satunya bernama Camoi Aek Biru.

Camoi Aek Biru merupakan nama yang diambil dari bahasa Melayu Bangka bagian Selatan. Aek Biru sendiri bisa diartikan sebagai air biru. Sesuai dengan namanya, danau ini menyuguhkan pemandangan berupa air berwarna biru cerah yang dikelilingi dengan gundukan pasir putih bekas tambang timah yang menyerupai salju.

Saat ini Camoi Aek Biru menjadi salah satu destinasi populer pulau Bangka yang kerap didatangi oleh para wisatawan. Pesona eksotis dari danau biru ini bak langit yang turun ke bumi dan sayang sekali jika dilewatkan. Langit yang cerah seperti menyatu dengan air danau yang berwarna biru. Warna putih dari bukit pasir pun terlihat seperti salju dan membuat danau ini seakan-akan terletak di Eropa. Tak heran kalau banyak wisatawan yang sibuk berfoto ria dan memamerkan hasil jepretannya di social media.

Perjalanan untuk menuju ke Camoi Aek Biru pun tidak begitu sulit. Dari Pangkalpinang, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar satu jam dengan mobil untuk mencapai danau yang terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan ini.

Hampir setiap akhir pekan Camoi Aek Biru ramai pengunjung. Jika kamu berniat untuk berlibur ke Bangka dan melihat kilaunya danau biru ini, disarankan untuk membawa kacamata hitam dan datang di pagi atau sore hari. Sebab, saat siang hari cuacanya akan sangat panas akibat sinar matahari yang terik. Apalagi di sekitar danau jarang ada pepohonan dan tumbuhan. Oh iya, sebaiknya jangan berenang di danau tersebut karena airnya mengandung logam berat yang bisa bersifat toksik. Nah, kalau ingin liburan lebih aman dan nyaman, jangan lupa untuk menyertakan asuransi perjalanan dalam rencana liburanmu ya!