Menariknya New Year’s Sunrise Festivals di Korea Selatan

Menyaksikan matahari terbit untuk pertama kalinya di hari pertama tahun baru merupakan kebiasaan masyarakat Korea Selatan yang penuh makna. Banyak yang mengatakan bahwa tradisi ini bisa membawa keberuntungan untuk kita sepanjang tahun. Oleh sebab itu, banyak masyarakat lokal yang berkumpul di suatu tempat tertentu untuk menikmati New Year’s Sunrise Festival sembari menunggu matahari terbit. Kalau kalian tertarik ingin mencobanya, silakan pilih salah satu festival di bawah ini. Psst, jangan lupa lengkapi perjalanan kalian dengan asuransi perjalanan internasional agar semua aman, ya!

Ini dia daftar festival yang bisa dicoba:

  1. Seongsan Sunrise Festival. Sesuai dengan namanya, Seongsan Sunrise Festival berada di kawah gunung berapi Seongsan, Jeju-do. Tempat ini menjadi lokasi incaran para turis dan masyarakat lokal menawarkan pemandangan matahari terbit yang sangat cantik sekali. Serunya, di festival ini pengunjung juga bisa menonton parade, berbagai seni pertunjukkan, kembang api, dan juga mencicipi tteokguk atau rice cake soup.
  2. Gyeongpo Sunrise Festival. Berada di kawasan Pantai Gyeongpo di Gangwon-do, festival ini merupakan festival akhir tahun yang bisa kamu coba jika sedang berada di Korea Selatan. Pantai Gyeongpo sendiri terkenal sebagai pantai yang cantik dan kerap dikunjungi para wisatawan untuk bersantai. Nah, di hari terakhir di bulan Desember, baik masyarakat lokal maupun turis asing sering berkumpul di sini untuk merayakan perayaan tahun baru. Mereka akan menghitung mundur hingga memasuki tahun baru, menonton kembang api, hingga berpartisipasi pada berbagai acara kultural sembari menunggu matahari terbit.
  3. Yeosu Hyangiram Sunrise Festival. Hyangiram Sunrise Festival yang berada di area Impo Villa di Jeollanam-do ini kerap didatangi oleh mereka yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit pertama di tahun baru. Ada banyak event yang digelar di sini, seperti “Lighting Wishing Lanterns”, “Dance Festival”, “Candle Ceremony”, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dicoba.
  4. Jeongdongjin Sunrise Festival. Hal pertama yang kita lihat saat turun kereta di Stasiun Jeongdongjin adalah pantai cantik dengan landmark jam pasir besar. Menariknya, jam pasir ini benar-benar berfungsi dan akan terus-menerus menjatuhkan pasir sepanjang tahun. Nah, menjelang jam 12 malam pada pergantian tahun, jam pasir ini akan berbalik lagi dan mulai menghitung dari awal. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas yang ada sembari menunggu matahari pertama di bulan Januari terbit.

Nah, menarik sekali kan festivalnya? Cocok sekali bagi kalian yang ingin mencoba festival akhir tahun dan menghabiskan pergantian tahun dengan cara yang tidak biasa. Dari empat festival di atas, mana yang paling ingin kalian coba?