Lucunya Monyet Salju di Pemandian Air Panas Jepang

Kalau wisata pemandian air panas biasanya terdengar biasa-biasa saja bagimu, maka pemandian air panas yang satu ini berbeda. Di Jepang, terkenal sebuah tempat wisata berupa pemandian air panas yang tidak hanya bisa digunakan oleh manusia tapi juga oleh monyet-monyet yang memiliki habitat di wilayah tersebut.

Pemandian air panas ini tepatnya berlokasi di Taman Monyet Jigokudani, Yamanouchi, Distrik Shimotakai, Perfektur Nagano, Jepang. Jigokudani ini berarti “Lembah Neraka” – mengapa disebut demikian? Pasalnya, lembah ini memiki air panas yang mendidih di celah-celah tanah beku, diselimuti oleh uap, ditambah lagi dengan bentuknya yang curam dan udara dingin.

Salah satu daya tarik yang membuat tempat wisata ini terkenal tak lain adalah monyet salju yang memenuhi pemandian air panasnya. Pasalnya semenjak tahun 60-an, Macaca fuscata atau monyet salju ini memang sering menuju lembah saat musim dingin. Pada musim dingin, mereka butuh menghangatkan diri di onsen (sumber air panas) yang terletak di dasar lembah dan kembali pulang saat hari sudah gelap. Jika tidak sedang musim dingin pun, monyet-monyet tetap akan menuju lembah untuk mencari makanan seperti buah-buahan, tumbuhan, dan serangga.

Jika kamu penasaran ingin melihat monyet-monyet ini berendam di pemandian air panas, datanglah saat musim dingin (bulan Desember hingga Maret). Akan ada banyak monyet lucu yang berendam di pemandian air panas ketika area tertutup oleh salju. Namun jika kamu ingin menikmati air panasnya saja, kamu bisa datang ketika cuaca belum terlalu dingin, yakni sekitar bulan Januari dan Februari karena tidak banyak monyet salju yang berendam.

Saking seringnya dilihat oleh para wisatawan, monyet-monyet salju tersebut pun sudah terbiasa dengan keberadaan manusia. Namun, tetap jaga jarak dan hati-hati ya. Apalagi ketika mereka sedang bersikap agresif dengan kawanannya. Pasalnya, mereka juga suka iseng mencuri barang yang menarik perhatian mereka seperti aksesoris yang mengkilat. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang monyet-monyet salju ini, petugas di sana siap  untuk memandu dan memberi penjelasan pada wisatawan.

Meskipun tempat ini terkenal di kalangan wisatawan, perjalanan untuk menuju ke lokasi bisa dibilang cukup menantang. Untuk kamu yang belum pernah berkunjung ke Taman Monyet Jigokudani, sebaiknya cari tahu informasi rute secara lebih detil atau pergilah bersama pemandu yang sudah berpengalaman. Namun sebaiknya jangan terlalu mengkhawatirkan akan risiko selama perjalanan, asuransi perjalanan Internasional milikmu siap untuk meng-cover jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Selamat berwisata dan semoga perjalananmu menyenangkan!