Liburan ke Luar Negeri Tidak Selalu Mahal, Loh!

“Wah, keren liburannya sering ke luar negeri! Pasti uangnya banyak?”. Itulah yang saat ini masih tertanam dalam pikiran banyak orang. Liburan ke luar negeri itu mahal dan membutuhkan banyak uang, jadi hanya orang-orang yang memiliki kelebihan uang saja yang bisa ke sana. Padahal, hal tersebut tidak benar, loh! Sebab, selama kamu menerapkan beberapa tips berikut ini, liburan ke luar negeri tidak akan membutuhkan budget terlalu tinggi:

 

  1. Negara tujuan

Kalau budget kamu terbatas tapi ingin berwisata ke luar negeri, maka pilihlah negara yang bebas visa. Misalnya negara yang termasuk ASEAN, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengurusan visa ini. Kamu juga tidak perlu repot mengurus berbagai macam dokumen. Cukup bawa paspor, maka kamu sudah bisa pergi ke sana. Selain itu, beberapa negara ASEAN memiliki biaya hidup yang tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia, jadi kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu negara apa saja yang sesuai dengan budgetmu.

  1. Promo

Semakin banyak maskapai yang menawarkan tiket promo pada masa-masa tertentu. Misalnya saat travel fair. Jika sedang tidak ada travel fair, maka kamu bisa coba mencari tiket promo ini di beberapa situs penjualan tiket pesawat. Sebaiknya, jangan hanya membuka satu situs, tetapi bukalah beberapa situs untuk membandingkan harga. Jangan lupa, perhatikan juga apakah harga yang tercantum sudah all in atau masih ada tambahan biaya yang harus kamu bayarkan.

  1. Booking hotel

Booking hotel secara daring bisa jauh lebih murah daripada memesannya secara langsung, loh!  Selain itu, jika melakukan pemesanan hotel dengan cara ini, kamu juga bisa membandingkan harga yang ditawarkan oleh setiap situs. Namun, jangan terjebak dengan gambar yang ada pada situs tersebut. Ada baiknya, jika kamu sudah memilih hotel untuk tempat menginap, cobalah cari gambar lain dari hotel tersebut melalui search engine. Hal ini penting, agar kamu tidak kecewa saat hotel tempat kamu menginap ternyata di luar bayangan.

  1. Atur waktu

Berlibur saat tanggal merah tentu akan lebih mahal daripada ketika kamu berlibur saat hari biasa. Apalagi jika tanggal merah terjadi berurutan atau saat long weekend. Dijamin, biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih tinggi daripada hari biasa.

  1. Susun Itinerary

Ini juga tidak kalah penting. Susunlah itinerary sebelum keberangkatan. Buatlah datanya secara detail, dari mulai tempat yang akan dikunjungi, tiket masuk, transportasi yang digunakan, biaya transportasi, perkiraan biaya makan, dan sebagainya. Meskipun mungkin pada kenyataannya ada yang tidak sesuai dengan itinerary yang dibuat, tetapi kamu akan lebih mudah mengatur keuangan selama berwisata.

Nah, dengan menerapkan ke-5 cara di atas, maka kamu akan bisa berwisata ke luar negeri meskipun budget liburan terbatas. Jangan lupa juga untuk melindungi perjalanan mu dengan asuransi perjalanan luar negeri dari MSIG. Tidak perlu takut akan membebani keuangan, karena biaya premi yang harus dibayarkan sangat terjangkau. Meskipun begitu, manfaat yang kamu terima sangatlah banyak. Selamat berlibur!