Liburan ke Eropa dengan Budget Minim Bukan Cuma Mimpi!

Liburan ke Eropa kedengarannya memang super mahal. Tak perlu memikirkan biaya akomodasinya dulu, harga tiket pesawat untuk terbang ke sana saja sudah sangat tinggi. Lantas, bisakah kamu berlibur ke Eropa walau budget hanya sedikit? Jawabannya adalah: bisa. Ternyata berlibur ke Eropa tidak semahal yang kamu bayangkan jika menerapkan beberapa tips and trick berikut ini!

  • Berburu tiket murah

Jika ingin mendapatkan tiket pesawat murah, kamu harus merencanakan liburan ke Eropa dari jauh-jauh hari. Pilih waktu keberangkatan yang tepat. Sebaiknya hindarilah saat musim liburan atau peak season karena harga tiket akan lebih mahal pada saat itu. Kalau perlu, pantau website resmi maskapai sesering mungkin untuk mendapatkan info mengenai promosi tiket.

  • Bawa barang secukupnya

Eropa memang cukup jauh letaknya tapi bukan berarti kamu harus memenuhi koper dan tas dengan segala macam perlengkapan. Jangan lupa, saat pulang kemungkinan kamu akan membawa lebih banyak barang. Karenanya, cukup bawa yang penting-penting saja dan jangan sampai membayar kelebihan bagasi.

  • Cari penginapan paling murah

Di Eropa, ada berbagai macam jenis penginapan. Mulai dari hotel berbintang hingga hostel. Hostel di sana biasanya menawarkan kamar privat untuk kamu yang tidak nyaman berbagi ruang dengan traveler lainnya. Yang jelas, harganya akan lebih murah daripada menyewa satu kamar di hotel.

  • Perluas network

Coba kontak teman atau kerabat yang belajar atau tinggal di Eropa. Mungkin kamu bisa meminta bantuan seperti tumpangan menginap atau transportasi saat di sana. Jika tidak ada, kamu bisa menghubungi PPI (Persatuan Pemuda Indonesia) di negara yang bakal kamu kunjungi. Siapa tahu, ada pelajar atau sesama orang Indonesia yang mau memberi tumpangan menginap.

  • Bawa bekal yang cukup

Biaya makan di restoran Eropa memang cukup mahal dan akan menguras kantongmu. Namun jangan khawatir, ada alternatif lain untuk mengenyangkan perut. Kamu bisa mencari tempat makan lokal atau streetfood dengan harga yang lebih murah. Akan lebih hemat lagi jika kamu membawa makanan sendiri seperti kornet, abon, mie instan dan lain-lain. Bekal makanan ini bisa jadi penyelamat saat kamu kelaparan di jam-jam tertentu.

  • Manfaatkan tap water

Daripada membeli minum dengan harga yang cukup mahal, sebaiknya selalu bawa botol minum kemana-mana. Tak perlu beli air, kamu bisa mengisinya dengan tap water yang tersedia di penginapan atau fasilitas publik.

  • Tempat wisata gratis

Ingin hemat budget? Mengapa tidak kunjungi tempat wisata yang gratis saja? Jika ditelusuri lebih dalam, Eropa memiliki banyak tempat wisata murah bahkan gratis yang juga menarik dikunjungi, lho.

Bagaimana? Ada banyak cara yang kamu Anda lakukan untuk menekan budget liburan ke Eropa bukan? Namun, jangan hanya fokus menekan biaya saja, antisipasi juga risiko perjalanan yang dapat merugikan kondisi finansialmu. Maka dari itu, pastikan kamu telah memilih asuransi perjalanan luar negeri saat berlibur ke Eropa.