Kunjungi The Boeing Factory untuk Tahu Bagaimana Pesawat Dibuat!

Pesawat dapat dikatakan sebagai salah satu mahakarya ulung manusia. Bagaimana tidak, skalanya yang ratusan kali lebih besar daripada ukuran manusia mungkin membuat kamu bertanya-tanya bagaimana pesawat dibuat. Mungkin juga kamu penasaran bagaimana bisa alat transportasi massal ini tercetus—sampai menjadi opsi angkutan paling aman di dunia saat ini. Tak perlu khawatir, The Boeing Factory di Everett, Washington bisa menjawab semuanya!

The Boeing Factory diklaim sebagai bangunan terbesar di seluruh dunia. Dengan volume sebesar 13 juta m3, lokasi ini adalah pusat perakitan produk-produk komersial Boeing yang berbadan lebar seperti seri 747, 767, 777, dan 787. Dilansir dari Herald, pabrik ini sudah digunakan Boeing sejak Oktober 1943 untuk membangun sekat dan bagian-bagian dari B-17 Bomber. Namun baru digunakan sebagai tempat perakitan pesawat pada tahun 1966 ketika Boeing akan mengerjakan proyek 25 buah 747 untuk maskapai Pan Am. Sementara itu, tur pabrik untuk umum baru mulai ditawarkan pada September 1968, bersamaan dengan peluncuran 747 pertama.

  • Boeing Factory Tour

Pada tur ini, kamu akan diajak berkeliling pabrik perakitan pesawat berbadan lebar Boeing untuk melihat proses pemasangan bagian-bagian pesawat yang sedang dikerjakan oleh pekerja-pekerja Boeing. Tur ini akan berlangsung kurang lebih 90 menit, dengan pendampingan dari pemimpin tur yang akan menjelaskan tentang sejarah pesawat, Boeing, produk-produk yang diciptakan—mulai dari pesawat militer, komersil, hingga ruang angkasa. Sebagai informasi, hari kerja perakitan pesawat adalah Senin hingga Jumat. Sehingga, jika kamu berkunjung pada hari-hari ini, kamu bisa melihat lebih banyak aktivitas yang dilakukan oleh pekerja setempat.

Selain hanggar luas tempat badan-badan pesawat berada, kamu juga bisa mencicipi panganan di Twin Aisle Café atau Dreamliner Diner yang tersedia di dalam wilayah pabrik ini. Jika kamu membeli tiket Boeing Factory Tour, kamu juga bisa melihat galeri atau ruang pameran yang menampilkan lebih dari 150 jenis produk dan jasa Boeing—atau dikenal dengan Gallery or Sky Deck.

  • Gallery atau Sky Deck Tour

Tur ini bisa dibeli terpisah, jika kamu tidak ingin ikut berkeliling area pabrik. Di ruang pameran ini, kamu bisa menemukan ratusan produk dan jasa yang diciptakan oleh Boeing selama lebih dari 100 tahun ke belakang. Kamu juga bisa belajar tentang Boeing secara mendalam dan mengeksplor produk-produk inovasi Boeing.

Gallery atau Sky Deck terbagi ke dalam dua pameran besar, yakni Above and Beyond (berisi simulasi, desain-desain interaktif, dan inovasi-inovasi teknologi pesawat terbang yang telah dan sedang dibuat oleh Boeing) serta Destiny Module Exhibit (berisi maket laboratorium utama untuk benda-benda milik Amerika Serikat yang akan dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional).

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Jangan lupa masukkan ke dalam rencana perjalanan kamu ketika ke Washington, Amerika Serikat, ya! Jangan lupa juga melindungi dirimu dengan asuransi perjalanan agar liburanmu aman dan nyaman selalu.