Kota Paling Asik untuk Berburu Kuliner Khas Ramadan

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, Indonesia memiliki nuansa Ramadan yang cukup meriah. Hampir di setiap kotanya terdapat berbagai pasar atau tempat yang menyajikan kuliner untuk berbuka puasa. Mulai dari makanan tradisional hingga modern, semua ada. Nah, jika kamu penasaran untuk mencicipi berbagai kuliner khas Ramadan yang khas dan nikmat, kamu bisa kunjungi beberapa kota di bawah ini!

  • Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan utama para pecinta kuliner. Apalagi ketika bulan Ramadan, tentunya semakin banyak kuliner khas yang disajikan. Salah satu kuliner khas yang hanya muncul di bulan Ramadan adalah Kicak. Kicak merupakan kue khas Ramadan yang terbuat dari ketan, kelapa muda, dan nangka muda. Rasanya manis dan pas untuk berbuka. Di Yogyakarta juga terdapat berbagai pasar yang pas untuk spot ngabuburit. Di antaranya adalah Pasar Sore Kauman, sepanjang Jalan Sorogenan, Kampung Ramadan Jogokaryan, Lembah UGM, dan masih banyak lagi.

  • Padang

Setiap bulan Ramadan di Padang, selalu digelar Pasar Pabukoan di depan Balai Kota. Lokasi ini selalu menjadi tempat favorit untuk berburu makanan khas selama Ramadan. Biasanya pasar ini sudah mulai ramai dari sore hari. Para pengunjung pun langsung menyerbu kuliner yang tersedia. Terdapat berbagai kuliner lezat khas Sumatera Barat yang bisa kamu dapatkan di pasar ini, ada Bubur Kampiun, Lamang Tapai, Lopis Sarabi, dan masih banyak lainnya.

  • Banda Aceh

Banda Aceh didominasi oleh penduduk yang beragama Islam. Tak heran kalau kota ini menyambut bulan Ramadan dengan hangat. Menjelang berbuka puasa, kebanyakan warga sudah mengunjungi berbagai tempat yang menjual sajian khas Ramadan. Tempat paling populer di sana adalah Pasar Aceh, Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Jalan Lampisang, dan juga Simpang Lima. Makanan khas seperti Boh Rom-Rom, Timpan, Rujak Aceh, Lambai Peugaga, dan Kue Boi pun menjadi incaran.

Mana kota yang paling menarik untuk berburu kuliner khas Ramadan menurutmu? Kalau kamu ingin berlibur sekaligus menikmati wisata kuliner ke salah satu kota di atas, jangan lupa untuk selalu melindungi perjalananmu dengan asuransi perjalanan terbaik dari MSIG. Dengan harga premi yang terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai manfaat selama perjalanan. Selamat berwisata!

 

Source:

  • https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-travel-guide/ngabuburit-in-jogja/
  • http://www.jogja.co/kicak-kuliner-khas-jogja-yang-hanya-ada-di-bulan-ramadhan/
  • https://ramadhan.antaranews.com/berita/567931/pasa-pabukoan-padang-panjang-ramai-dikunjungi
  • https://lifestyle.sindonews.com/read/1116786/185/8-pusat-kuliner-ramadhan-paling-populer-di-indonesia-1465961599
  • https://lifestyle.okezone.com/read/2016/06/15/298/1415901/delapan-pusat-kuliner-ramadan-paling-populer-di-indonesia