Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak? Mungkin Ini Penyebabnya!

Memiliki asuransi perjalanan memang memberikan banyak manfaat untuk kita. Dimana tertanggung akan memperoleh ganti rugi berdasarkan manfaat yang dibeli dari perusahaan asuransi bila terjadi sebuah hal yang menimpa diri maupun keluarga tercinta saat melakukan perjalanan. Meskipun demikian, sayangnya tidak semua pengajuan klaim asuransi perjalanan ini bisa langsung disetujui oleh pihak asuransi. Entah itu, diakibatkan oleh kurangnya data saat pengajuan klaim ataupun kerugian yang dialami tidak dijamin dalam polis asuransi.

Oleh sebab itu, supaya nantinya pengajuan klaim asuransi perjalanan ini tidak ditolak oleh perusahaan asuransi, ada baiknya ketahui dulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab terjadinya penolakan pada saat pengajuan klaim, berikut diantaranya:

  1. Kerugian yang dihadapi tidak masuk dalam manfaat polis asuransi. Klaim asuransi bisa ditolak jika kerugian yang menimpa kita tidak dijamin dalam polis asuransi. Untuk itu, sebelum mengajukan klaim, sebaiknya terlebih dahulu kita harus mengecek ulang apa saja manfaat yang dijamin oleh pihak asuransi, sehingga nantinya klaim yang diajukan akan sesuai dengan jaminan yang dijamin dalam polis.
  2. Tidak melaporkan langsung bencana yang dihadapi. Saat terjadi kerugian selama dalam perjalanan, alangkah baiknya kita segera melaporkan ke pihak asuransi. Jika tidak dilaporkan sampai dengan batas waktu yang diberikan, biasanya ketika pengajuan klaim asuransi akan langsung ditolak oleh perusahaan asuransi.
  3. Data yang diberikan kurang lengkap. Biasanya, saat pengajuan klaim asuransi, kita diwajibkan untuk melengkapi beberapa data maupun dokumen pendukung. Namun, jika data yang diberikan ini tidak lengkap, maka klaim asuransi yang diajukan pun tidak akan diproses oleh pihak asuransi. Untuk itu, sebaiknya lengkapilah semua data dan dokumen yang sudah dipersyaratkan oleh pihak asuransi. Akan tetapi, setiap data maupun dokumen yang dipersyaratkan saat pengajuan klaim akan berbeda antara asuransi perjalanan dengan asuransi lainnya. Sehingga, jangan lupa untuk memastikan secara langsung ke perusahaan asuransi.
  4. Tidak membeli polis asuransi perjalanan yang tepat. Penyebab lain yang mengakibatkan pengajuan klaim asuransi perjalanan ditolak, lantaran pada awalnya tidak membeli polis yang dikhususkan untuk perjalanan, dimana memiliki perlindungan lebih lengkap. Memang, harganya lebih murah, tapi tentunya hal ini malah yang bisa menjadi penyebab utama kenapa kita tidak bisa mengajukan klaim asuransi.

4 hal diatas adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kenapa klaim asuransi kita ditolak oleh pihak asuransi, pastikan kita membeli asuransi perjalanan terbaik sesuai dengan negara tujuan. Semoga bermanfaat!