Kenali Tradisi Valentine, White, dan Black Days Lebih Dalam

Wah, sudah masuk bulan Februari nih. Sudah punya rencana belum siapa yang akan kamu berikan cokelat di hari kasih sayang tahun ini? Yup, hari kasih sayang atau Valentine’s Day memang sangat identik dengan cokelat. Di Indonesia sendiri hari tersebut biasanya dirayakan dengan makan bersama atau hanya sekadar memberikan cokelat pada pasangannya.

Berbeda dengan Indonesia, beberapa negara di Asia ternyata memiliki cara yang berbeda loh untuk merayakan hari tersebut. Bahkan mereka tidak hanya merayakan Valentine’s Day saja, tetapi juga White Days dan Black Days yang masih berkaitan dengan Valentine’s Day. Penasaran dengan ketiga hari tersebut dan negara apa saja yang merayakannya? Yuk, kita langsung bahas!

  • Valentine’s Day

Hampir semua negara merayakan hari kasih sayang yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari ini. Namun, jika kita berbicara tentang White Day dan Black Day, maka negara yang kita maksud adalah Jepang, Korea, dan beberapa negara yang memiliki tradisi serupa dalam merayakan Valentine’s Day. Di negara-negara ini, Valentine’s Day akan ditandai dengan pemberian cokelat oleh perempuan kepada laki-laki yang disukainya. Bahkan meskipun mereka sedang tidak menjalin hubungan sekalipun, perempuan boleh memberikan cokelat pada laki-laki. Itulah sebabnya, di saat hari kasih sayang ini, laki-laki yang menjadi idola bisa mendapatkan cokelat dalam jumlah cukup banyak dari para penggemarnya.

  • White Day

White Day dirayakan pada tanggal 14 Maret setiap tahunnya, yaitu tepat sebulan setelah perayaan Valentine’s Day. White Day merupakan hari di mana pihak laki-laki memberikan balasan hadiah atas cokelat yang diterimanya di hari kasih sayang. Hadiah yang diberikan pada umumnya berwarna putih, seperti white chocolate, marshmallow, berlian, dan hadiah lain yang berwarna putih, sesuai dengan nama harinya. Namun, bukan berarti tidak boleh memberikan hadiah dengan warna lain, karena ada juga yang memilih untuk memberikan hadiah seperti cookies atau dark chocolate. White Day pertama kali dirayakan di Jepang pada tahun 1978 dan kemudian mulai diikuti oleh beberapa negara lain di sekitarnya seperti Korea Selatan, China, Taiwan, dan Vietnam.

  • Black Day

Black Day merupakan hari spesial yang dirayakan oleh masyarakat Korea Selatan pada tanggal 14 April, yaitu tepat 2 bulan setelah Valentine’s Day. Pada hari tersebut, seseorang yang tidak menerima cokelat atau hadiah pada saat Valentine’s Day dan White Day akan berkumpul di suatu tempat dan mengenakan pakaian hitam. Tidak hanya itu, mereka akan menikmati makanan yang berwarna hitam bersama-sama. Biasanya makanan yang dimakan adalah Jajangmyeon, yakni makanan khas Korea Selatan dengan bahan utama mie dicampur dengan saus pasta kacang kedelai hitam.

Wah, ternyata tradisinya cukup lucu ya, di mana perempuan yang justru aktif duluan memberikan cokelat atau hadiah pada laki-laki. Mungkin untuk Valentine’s Day atau White Day, tidak sulit menyaksikan tradisi ini ya? Namun, jika kamu penasaran dengan tradisi unik Black Day, kamu bisa berwisata ke Korea Selatan di tanggal tersebut dan menyaksikannya langsung. Jangan lupa daftarkan perjalananmu ke asuransi perjalanan luar negeri supaya perjalananmu bebas dari kerugian finansial saat terjadi risiko. Entah barang hilang, pesawat delay dan sebagainya. Jadi, kamu bisa menikmati liburanmu di sana dengan tenang.

Selamat berlibur!