Jalur Kereta Ekstrem di Dunia, Berani Lewat?

Kereta adalah alat transportasi favorit masyarakat untuk menempuh perjalanan darat dengan jarak yang cukup jauh. Biayanya yang tergolong terjangkau, nyaman, dan bebas dari kemacetan merupakan alasan masyarakat memilih alat transportasi ini. Namun, bagaimana jika salah satu jalur yang dilalui adalah jalur ekstrem yang cukup membuatmu keringat dingin? Apa kamu masih berani lewat?

Hmm, mungkin kamu penasaran, seperti apa sih jalur kereta yang ekstrem di dunia? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Tren a las Nubes, Argentina

Ini adalah kereta yang melayani rute perjalanan sejauh 217 km, yaitu dari Salta di Argentina ke La Polvorilla di perbatasan Chilli. Dibuka pada tahun 1948 untuk kebutuhan sosio-ekonomi, dan sekarang menjadi kereta wisata. Selama perjalanan akan melewati rel zig zag, 29 jembatan, 21 terowongan, dan 13 viaduk. Salah satu viaduknya yaitu setinggi 4.220 meter dengan panjang 224 meter yang merupakan jalur kereta api tertinggi di dunia.

 

  • Kuranda Scenic Railroad, Australia

Rute sejauh 34 km yang menghubungkan Cairns ke Kota Kuranda. Sepanjang perjalanan akan melewati hutan hujan tropis yang lebat di Taman Nasional Barron Gorge, dan ada beberapa rel yang dekat dengan air terjun. Saat melewatinya, penumpang akan bisa merasakan semburan air terjun tersebut. Perjalanan ini akan melewati 15 terowongan, 93 belokan, dan lebih dari 40 jembatan.

 

  • Aso Minami Route, Jepang

Jalur ini menjadi berbahaya karena berada sangat dekat dengan gunung berapi terbesar dan aktif di Jepang, yaitu Gunung Aso. Sehingga risiko terjadinya kecelakaan sangat besar apabila gunung tersebut sedang aktif saat kereta sedang melintas. Namun, ada pemandangan yang menarik saat menaiki kereta ini, yaitu penumpang dapat melihat uap yang naik dari puncak gunung saat musim gugur.

 

  • Chennai-Rameswaram, India

Ini adalah kereta yang menghubungkan Kota Chennai dengan Kota Rameswaram. Rute kereta ini akan menyebrangi Samudera Hindia sepanjang 2,06 km selama perjalanannya. Pada bagian tengahnya, jembatan bisa dibuka sebagai jalan lewat kapal dan feri. Jika kondisi perairan sedang tenang, jalur ini aman untuk dilewati. Namun ketika cuaca sedang buruk dan sedang ada gelombang pasang, maka jalur ini sangat berisiko terkena dampaknya.

 

  • Dawlish Warren Railway, Inggris

Kamu tidak akan menyangka bahwa jalur ini termasuk ke dalam jalur kereta ekstrem. Namun, lokasi jalur keretanya, yaitu di dekat Dawlish Warren Railway Station, sangat berdekatan dengan laut. Akibatnya, penumpang kereta ini akan merasakan sensasi menyebrang terjangan ombak di dalam kereta.

Jika kamu penasaran ingin merasakan sensasi naik kereta di jalur ekstrem, ternyata salah satu jalur kereta di Indonesia juga termasuk ke dalamnya, loh! Jalur yang dimaksud yaitu jalur yang dilewati oleh kereta Argo Gede dari Jakarta menuju Bandung. Dalam perjalanan, kamu akan melewati Jembatan Cikurutug, yaitu jembatan dengan ketinggian sekitar 60 meter dari dasar lembah. Nah, supaya perjalanan kamu aman dan nyaman, jangan lupa untuk mendaftar asuransi liburan dalam negeri dulu ya. Meskipun perjalananmu dalam jarak yang dekat, bukan berarti pasti bebas risiko, kan?