Jalan-jalan ke Medan, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas yang Menggiurkan!

Medan merupakan salah satu kota yang menawarkan berbagai wisata menarik. Yup, kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya ini memiliki daya tarik dalam berbagai bidang, mulai dari budaya, hiburan, hingga kuliner. Berbagai variasi kuliner khas yang nikmat terdapat di kota Medan. Apa kamu memiliki rencana untuk berlibur dan berkunjung ke kota Medan? Kalau begitu, kamu wajib coba beberapa makanan berikut ini!

  1. Lemang Medan

Bentuknya mirip seperti lontong, namun lemang Medan dibuat dari bahan dasar berupa beras ketan. Untuk membuat makanan khas ini, beras kentan diolah bersama santan, kemudian digulung dengan daun pisang dan dibakar. Bagi pecinta rasa gurih, Lemang Medan merupakan makanan khas yang wajib kamu coba. Teksturnya yang pulen dan aromanya yang sedap cocok disantap dengan tape selagi hangat.

  1. Dolung-Dolung Parapat

Makanan khas yang bernama unik ini merupakan jajanan pasar dari kota Parapat di tepi Danau Toba. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang di isi dengan gula aren dan kelapa parut. Hmm bisa bayangkan betapa nikmat rasanya? Ciri khas jajanan yang satu ini adalah dibungkus dengan daun bambu dan kelapa, sehingga aromanya pun lebih menggoda. Sayangnya, penjual jajanan tradisional ini sudah jarang ditemukan.

  1. Bubur Pedas Medan

Berbeda dengan bubur ayam yang biasa kamu santap untuk sarapan, bubur pedas ini diolah secara tradisional dengan menggunakan tungku kayu bakar. Uniknya lagi, bubur ini berbahan dasar beras, jagung dan kacang hijau yang dimasak bersama rempah-rempah lalu ditambahkan ebi sebagai penyedap. Hmm pastinya akan terasa lebih nikmat daripada bubur biasanya ya? Bubur pedas dari Medan ini biasa disajikan pada saat perayaan tertentu atau di bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa.

  1. Soto Udang

Jika kamu biasa menjumpai soto ayam atau soto daging, di Medan terdapat soto khas yang spesial, yaitu soto udang. Soto udang ini menjadi alternatif bagi pemeluk agama Budha yang dilarang untuk mengonsumsi daging sapi. Meskipun namanya soto udang, namun soto ini masih memakai daging ayam sebagai bahan dasar, lho. Setelah direbus, daging ayam dibakar dan dipadukan dengan udang dalam kuah santan. Duh, membayangkannya saja sudah membuat perut lapar, ya?

  1. Jambu Taiwan

Meskipun namanya jambu Taiwan, namun jambu ini terkenal di Medan. Perbedaan dengan jambu lainnya adalah ukurannya yang lebih besar dan jarang terdapat biji. Karena ukuran yang lebih besar, teksturnya pun menjadi lebih empuk. Jambu dengan rasa manis dan sedikit gurih biasa diolah menjadi manisan yang disantap bersama saus yang khas atau diolah menjadi rujak.

Bagaimana, makanan khas Medan sangat bervariasi bukan? Jika sudah memesan tiket ke Medan, jangan lupa untuk melengkapi perjalananmu dengan membeli asuransi perjalanan secara online agar lebih praktis. Selamat berwisata kuliner!