Jaga Perabotan Rumah dari Kebakaran Saat Ditinggal Pergi Bersama Keluarga

 

Senangnya berlibur bersama keluarga ke luar kota! Tapi ingat, selain mempersiapkan diri untuk perjalanan jauh, kamu juga harus memerhatikan keamanan rumah. Sebab ada beberapa risiko yang mungkin terjadi pada rumahmu selama kamu pergi, salah satunya adalah risiko kebakaran. Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa  berusaha mencegah risiko tersebut dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Matikan semua perangkat elektronik

Pastikan kamu sudah mencabut semua peralatan elektronik, termasuk lemari es. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak menyimpan bahan makanan yang mudah basi di lemari es. Jika memungkinkan, bawa makanan tersebut atau olah sebelum kamu pergi. Pokoknya, semua peralatan elektronik harus dicabut dari stop kontak karena kebakaran bisa dipicu oleh masalah listrik seperti beban overload, short-cicruit, atau arus bocor.

  • Pastikan sudah menggunakan MCB berstandar nasional

MCB atau Mini Circuit Breaker berperan penting untuk mencegah korsleting – ketika beban listrik di rumah berlebih, MCB akan memutuskan arus listrik secara otomatis. Komponen ini penting untuk mencegah kebakaran jika sewaktu-waktu kamu lupa mematikan peralatan elektronik ketika pergi.

  • Amankan barang-barang pemicu api

Tak cukup hanya mematikan peralatan elektronik saja, kamu juga perlu merapikan barang-barang yang memicu api. Simpan barang-barang tersebut di tempat yang benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti menyimpan kaleng aerosol di tempat sejuk dan memastikan tidak ada bara api yang tersisa dari puntung rokok di tempat sampah.

  • Lepas regulator kompor

Selain listrik, gas juga dapat memicu kebakaran. Untuk itu, sebaiknya lepas regulator kompor dari tabung gas untuk mencegah risiko ledakan atau bocornya gas.

  • Kosongkan penampungan air

Bukan hanya dapat memicu berkembangnya jentik-jentik nyamuk, penampungan air juga dapat menghantarkan listrik. Sebaiknya kosongkan tempat penampungan air dan matikan arus listrik pompa air.

  • Gunakan lampu led dengan sensor

Untuk mencegah risiko pencurian, biasanya penghuni rumah disarankan untuk tetap menyalakan lampu. Namun demikian, lampu tetap menyedot daya listrik. Sebagai solusi, kamu hanya perlu nyalakan lampu teras atau menggunakan lampu yang sudah dilengkapi dengan sensor cahaya, sehingga lampu menyala secara otomatis ketika hari mulai gelap.

Sebaik apapun kamu dalam menjaga rumahmu, kemungkinan risiko kebakaran akan selalu ada. Untuk mengantisipasi risiko kerugian tersebut, lengkapi perlindunganmu saat pergi dengan menggunakan asuransi kebakaran dari MSIG yang memberikan perlindungan terhadap rumah dan perabotan kesayangan dari risiko kebakaran.