Ini Manfaat yang Didapat dari Polis Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri bukanlah produk baru dalam dunia asuransi. Namun, masih banyak yang belum memahaminya sehingga penggunanya masih terbilang belum banyak. Apalagi jika dibandingkan dengan pengguna polis asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa. Hal ini bisa disebabkan karena masih cukup banyak yang belum memahami manfaat dari polis asuransi ini dan menganggap produk asuransi kecelakaan diri serupa dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Padahal, hal tersebut adalah keliru.

Nah, supaya kamu tidak lagi salah dalam memahami asuransi kecelakaan diri, berikut akan dijelaskan mengenai risiko apa saja yang akan ditanggung oleh asuransi ini, beserta dengan manfaat yang diterima oleh pemegang polis, yaitu:

 

  • Risiko

Sesuai dengan namanya, asuransi kecelakaan diri akan memberikan uang pertanggungan ketika pemilik polis mengalami beberapa risiko berikut ini yang ditimbulkan akibat suatu kecelakaan:

  1. Cedera badan akibat suatu peristiwa yang berasal dari luar. Tidak termasuk gangguan fisik akibat keracunan, pembiusan, siriasis, heat stroke, atau gangguan kejiwaan.
  2. Cedera yang menyebabkan pemilik polis mengalami penurunan fungsi hidup atau kemampuan untuk beraktivitas sehingga harus menerima perawatan medis.
  3. Sequela, yaitu kondisi dimana pemilik polis kehilangan salah satu anggota tubuhnya atau mengalami gangguan fungsi permanen pada anggota tubuhnya akibat cedera setelah kecelakaan. Pihak asuransi akan memberikan pertanggungan sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam polis.
  4. Hilang dan tidak ditemukan keberadaannya setelah jangka waktu 60 hari sejak terjadinya kecelakaan.
  5. Meninggal dunia akibat kecelakaan.

 

  • Manfaat

Untuk manfaat yang diterima oleh pemilik polis yaitu:

  1. Biaya dokter untuk pemeriksaan (termasuk pemeriksaan sinar-X), perawatan, dan/atau operasi pembedahan.
  2. Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  3. Biaya perawatan profesonal sesuai dengan yang disarankan dokter.
  4. Biaya ambulans menuju rumah sakit atau klinik.
  5. Biaya kamar perawatan rumah sakit atau klinik.
  6. Biaya pemindahan pemilik polis ke rumah sakit atau klinik lain karena tidak tersedianya spesialis yang dapat menangani atau karena kesulitan dalam memperoleh perawatan yang memadai di rumah sakit atau klinik tersebut.

Pada asuransi kecelakaan diri MSIG, kamu diperbolehkan untuk memilih manfaat yang diinginkan, yaitu Death/Disablement dan Medical Expense, atau hanya Death/Disablement saja. Namun, kamu tidak boleh hanya mengambil manfaat medical expense saja karena Death/Disablement merupakan manfaat utama dari produk ini. Akan tetapi, yang harus kamu ingat sebelum mengambil produk ini yaitu, asuransi kecelakaan diri hanya akan memberikan pertanggungan jika kamu mengalami cedera akibat kecelakaan yang berasal dari luar dan bukan karena disengaja. Artinya, jika kamu dengan sengaja mencelakai diri sendiri ataupun orang yang berhak atas uang pertanggungan (ahli waris) melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan, maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim asuransi.