Indahnya Perayaan Waisak di Sri Lanka

Sama halnya dengan perayaan hari raya lainnya, tentunya setiap negara memiliki tradisi atau caranya sendiri dalam merayakan hari besar ini. Termasuk juga salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Buddha, yaitu Sri Lanka. Yap, sebagai negara dengan mayoritas beragama Buddha, tentunya negara ini menganggap Hari Raya Waisak sebagai sebuah hari yang sangat penting dan harus dirayakan secara istimewa.

Misalnya saja seperti perayaan Hari Raya Waisak pada tahun 2015, di mana ribuan wisatawan yang datang ke negara tersebut saat itu dibuat terpesona dengan sajian patung menjelang Hari Raya Waisak. Satu yang spesial dari patung ini yaitu, patung tersebut dibuat dari payung warna warni dan dilengkapi dengan penerangan lampu yang semakin mempercantik tampilannya. Maka tak heran, patung ini menjadi salah satu pagelaran menarik di Gangarama Vesak Kalapaya, Kolombo, Sri Lanka.

Meskipun saat ini kamu tidak bisa menikmati keindahan patung tersebut, bukan berarti tidak ada hal istimewa lainnya di negara ini saat Hari Raya Waisak. Sebab, Sri Lanka memiliki cara yang berbeda dibandingkan dengan negara lain untuk penggunaan lampion saat hari besar ini. Yap, jika di negara lain biasanya lampion yang telah disertai dengan doa dan harapan akan dilepaskan ke langit, di negara ini lampion justru digunakan untuk menghias kota.

Hal ini akan terlihat jelas jika kamu mengunjungi Kolombo yang merupakan ibu kota Sri Lanka. Kamu akan melihat rumah warga dan beberapa area jalan terlihat indah dengan adanya berbagai pernak-pernik dan dekorasi warna-warni. Tidak hanya itu, lampion dan lampu kecil juga akan banyak ditemui sebagai hiasan di rumah warga. Hal itu membuat kota terasa hidup dan sangat indah. Tidak hanya itu saja, pada saat Hari Raya Waisak, akan ada sekitar 1.000 warung di kota yang membagikan beragam jenis makanan secara gratis. Kegiatan ini disebut dengan Dansala.

Menarik sekali, kan? Nah, daripada penasaran, lebih baik segera rencanakan liburanmu ke Sri Lanka dan sesuaikan dengan jadwal perayaan Hari Raya Waisak agar kamu dapat menikmati secara langsung keindahannya. Jangan lupa daftarkan perjalananmu ke Asuransi Perjalanan yang Bagus agar liburan kamu terasa aman, nyaman dan tidak lagi khawatir jika terjadi risiko yang akan merugikanmu. Selamat berlibur!