Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Overheat Mobil

Pernah menempuh perjalanan jauh seperti lintas kota atau bahkan lintas provinsi dengan mobil? Tentunya kamu sudah memeriksa dan mempersiapkan kondisi mobil terlebih dahulu, bukan? Sebab, semakin jauh perjalanan yang ditempuh, semakin tinggi juga risiko mobil mengalami masalah. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah overheating. Memang, selain disebabkan oleh jarak tempuh yang jauh, overheat pada mobil juga bisa disebabkan oleh faktor usia mobil. Nah, untuk berjaga-jaga, sebaiknya ketahui beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi overheat di bawah ini!

  • Kenali tanda-tandanya

Mobil yang mengalami overheat akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang harus kamu kenali. Jika AC mobil terasa panas, indikator temperatur naik, dan laju mobil tersendat, bahkan muncul uap dari kap mesin, sebaiknya segera menepi karena itu merupakan tanda mobil mengalami overheat.

  • Buka kap mesin

Setelah berhasil menepi dan berhenti di tempat yang aman, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuka kap mesin dengan hati-hati agar panas yang terperangkap di ruang mesin cepat menghilang.

  • Tunggu suhu turun

Sebelum memeriksa komponen mesin mobil, biarkan mesin mobil istirahat sejenak dan kembali ke suhu normal.

  • Cek radiator

Setelah suhu mesin tidak panas lagi, maka kamu boleh membuka tutup radiator dan menambahkan air khusus radiator atau radiator coolant. Hindari mengisi dengan air biasa karena bisa menyebabkan radiator berkarat nantinya.

  • Cek sistem pendingin

Jika ternyata radiator mengalami kerusakan, kemungkinan terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Jika kamu cukup mengerti bagaimana cara memeriksanya, maka periksalah sistem pendingin pada mesin mobil. Namun, jika kurang paham, sebaiknya jangan ambil risiko dan gunakan emergency call.

Langkah-langkah di atas bisa dilakukan jika kamu berhasil memberhentikan mobil dengan segera. Jika jalanan sempit atau tidak memungkinkan kamu untuk menepi, maka segera matikan AC dan jalankan mobil dengan stabil untuk mencegah bertambahnya panas pada mesin.

Namun, sebaiknya jangan memaksakan mobil berjalan saat mengalami overheat karena akan berdampak buruk pada komponen mesin lainnya. Bahkan walaupun sudah beli asuransi mobil terbaik sekalipun, kerugian kerusakan mobil akibat overheat biasanya tidak akan ditanggung. Oleh karenanya, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dan periksa mobil dengan cermat sebelum menempuh perjalanan jauh.